Prabowo-Cak Imin Menatap Pilpres 2024

Jam : 09:19 | oleh -93 Dilihat
Foto: Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menemui Ketum Gerindra Prabowo Subianto di Kertanegara, Jakarta Selatan
Foto: Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menemui Ketum Gerindra Prabowo Subianto di Kertanegara, Jakarta Selatan

Jakarta, ToeNTAS.com,- Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) makin mantap menuju Pilpres 2024. Keduanya sudah bersepakat menjalin kerja sama dan siap bertarung di Pilpres 2024.

Untuk membuktikan kesiapan itu Prabowo-Cak Imin akan memimpin langsung pendaftaran partai mereka masing-masing ke KPU hari ini. Keduanya akan daftar secara bersamaan.

“Dua-duanya datang langsung untuk mendaftar ke KPU,” kata Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad ketika dihubungi, Minggu (7/8/2022).

Dasco mengatakan kehadiran Prabowo-Cak Imin secara langsung menjadi bukti kalau Gerindra dan PKB kompak menyongsong pemilu 2024. Gerindra dan PKB ingin mewujudkan Indonesia yang lebih baik.

“Memperlihatkan kepada rakyat, bahwa kekompakan kedua partai untuk tujuan Indonesia lebih baik, Indonesia lebih maju,” ujarnya.

Dasco menegaskan koalisi Gerindra-PKB siap bertarung di Pemilu 2024. “Mereka akan bersama-sama mendaftarkan untuk bertarung bersama menghadapi Pileg dan Pilpres 2024,” ujarnya.

Prabowo-Cak Imin Datang ke KPU Pukul 15.00 WIB
KPU pun mengkonfirmasi kehadiran Prabowo-Cak Imin hari ini. KPU menyebut keduanya akan hadir di KPU sekitar pukul 15.00 WIB.

“Besok Partai PKB dan Gerindra pukul 15.00 WIB,” kata Ketua Divisi Bidang Teknis KPU Idham Holik, dalam konferensi pers, di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Minggu (7/8/2022).

Sebelum Gerindra-PKB ada juga dua partai lain yang ingin daftar ke KPU hari ini. Yakni Partai Hanura pukul 14.00 WIB dan Partai Republiku Indonesia pukul 11.00 WIB.

“Jadi pada hari Senin esok, akan ada 4 parpol yang daftar ke KPU RI,” ucap Idham.

Diiringi Pawai Kader Gerindra-PKB dari Masjid Sunda Kelapa
Masjid Sunda Kelapa menjadi titik tolak keberangkatan kader Gerindra dan PKB untuk melakukan pendaftaran bersama sebagai peserta Pemilu 2024. Pemilihan Masjid Sunda Kelapa sebagai titik start ini menjadi penanda jika kerja sama politik kedua partai ditujukan sepenuhnya untuk kemaslahatan rakyat Indonesia.

“Kami ingin pendaftaran bersama kedua partai menjadi peserta Pemilu 2024 ini menjadi titik tolak kerja sama politik yang lebih konstruktif di masa depan. Maka kami ingin mengawali keberangkatan dari Masjid Sunda Kelapa untuk kemudian bersama-sama menuju Kantor KPU,” kata Wakil Sekretaris Jenderal DPP PKB Syaiful Huda, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (7/8/2022).

Huda menjelaskan pemilihan Masjid Sunda Kelapa sebagai titik start keberangkatan kader Gerindra dan PKB mempunyai banyak makna. Salah satunya bahwa kerja sama politik Gerindra dan PKB berawal dari niat baik sebagai ikhtiar memberikan kemaslahatan lebih besar bagi rakyat Indonesia.

Huda mengungkapkan akan ada sekitar 1.000 kader kedua partai yang akan ikut prosesi pawai dari Masjid Sunda Kelapa menuju Kantor KPU. Pawai ini akan diiringi marching band yang akan membawakan lagu-lagu perjuangan.

Nantinya Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) akan ikut bergabung dalam pawai ini sebelum masuk ke kantor KPU.

“Pendaftaran Gerindra dan PKB sebagai peserta Pemilu ini akan dipimpin langsung oleh Pak Bowo dan Gus Muhaimin. Ini juga sebagai penanda kian seriusnya kerja sama politik dari kedua belah pihak,” kata Huda.

Partai Gerindra dan PKB sepakat membangun koalisi untuk Pemilu 2024. Kepastian koalisi Gerindra dan PKB disampaikan oleh tiap elite mereka usai pertemuan di kawasan Senen, Jakarta Pusat, Kamis (30/6/2022), malam. Sekjen Gerindra Ahmad Muzani menyebut pertemuan itu untuk mengakrabkan pengurus tiap partai di tingkat provinsi.

“(Pertemuan) ini adalah kelanjutan untuk mengakrabkan Partai Gerindra dan PKB di tingkat provinsi dan di tingkat DPD. Kami menyebutnya DPD, PKB menyebutnya DPW,” kata Muzani kepada wartawan seusai pertemuan.

Elite tiap partai lalu ditanya apakah hubungan mereka yang terlihat makin akrab menandakan sudah sepakat membentuk koalisi. Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad yang ada di lokasi kemudian menjawab.

“Koalisilah,” sahut Dasco.

Sekjen Gerindra Muzani lalu menegaskan ucapan Dasco tersebut.

“Koalisi antarpartai, iya nggak, Pak? Betul nggak?” ucap Muzani seraya bertanya kepada elite Gerindra dan PKB yang berada di lokasi.

Sebelum ini, Cak Imin juga sudah menyambangi kediaman Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara. Keduanya membahas kerja sama pemilu 2024. (d.c/Eva)