3 Fakta Kasus Perdana Cacar Monyet Ditemukan di Jakarta

Jam : 08:18 | oleh -92 Dilihat
ilustrasi
ilustrasi

Jakarta, ToeNTAS.com,- Virus cacar monyet mulai menjangkit di Indonesia. Kasus perdana virus tersebut dikonfirmasi oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI).

Pada Minggu (21/8/2022), wartawan merangkum informasi terkait kasus pertama virus cacar monyet di Tanah Air. Berikut ini fakta-faktanya:

1. Pasien Pertama Ada di DKI
Pasien pertama virus cacar monyet ditemukan di DKI Jakarta. Pasien tersebut adalah laki-laki berusia 27 tahun.

“Dan hari ini pasiennya ada yang satu terkonfirmasi dari DKI Jakarta, seorang laki-laki 27 tahun,” ujar juru bicara Kemenkes dr Mohammad Syahril dalam konferensi pers, Sabtu (20/8).

Syahril menyebut baru tadi malam dia mengetahui terkonfirmasi cacar monyet. Itu diketahui dari tes PCR.

“Dapat pemeriksaan PCR tadi malam, dan dengan cepat hari ini kami mengumumkan kepada masyarakat,” katanya.

2. Pasien Baru Pulang dari LN
Dia mengungkapkan pasien ini baru pulang dari luar negeri. Pasien mengalami gejala cacar monyet pada Minggu (14/8).

“Pasien 27 tahun ini laki-laki, memang habis bepergian ke luar negeri. Dengan gejala di tanggal 14 itu ada demam, kemudian ada pembesaran kelenjar limfa. Tapi keadaan baik, artinya tidak sakit berat,” ungkapnya

“Dan ada cacarnya atau ruam-ruamnya di muka, di telapak tangan, kaki, dan sebagian di alat genitalia,” imbuhnya.

3. RI Bersiap Hadapi Cacar Monyet
Syahril mengatakan Indonesia telah bersiap menghadapi kasus cacar monyet. Pemerintah juga sudah menyiapkan berbagai obat-obatan.

“Sejak diumumkan oleh WHO itu, di negara kita telah melakukan berbagai upaya, kewaspadaan, edukasi, sosialisasi, kemudian bagaimana kesiapan pintu masuk-pintu masuk negara, kemudian fasilitas pelayanan kesehatan, baik itu penanganan awal, deteksi, dan juga bagaimana pengobatan-pengobatan yang dilakukan apabila ada pasien cacar monyet,” jelasnya. (d.c/Weni)