Di Balik Pertemuan Terkini Jokowi dan Prabowo

Jam : 09:30 | oleh -209 Dilihat
Jokowi dan Prabowo Subianto
Jokowi dan Prabowo Subianto

Jakarta, ToeNTAS.com,- Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto ternyata sempat bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pertemuan itu ternyata untuk melaporkan hasil kunjungan Prabowo ke beberapa negara ke Jokowi.

Pertemuan Prabowo dengan Jokowi itu terjadi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Jumat (28/10) yang lalu. Prabowo menemui Jokowi usai bertemu dengan Menhan AS yang terjadi pada Kamis (20/10) pagi waktu setempat.

Sementara itu, Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menjelaskan hasil pertemuan Prabowo dan Jokowi pekan lalu. Dia mengatakan dalam kesempatan bertemu Jokowi itu, Prabowo menyampaikan hasil kunjungan kerjanya.

“Ya yang pertama Pak Prabowo melaporkan hasil kunjungan Pak Prabowo ke berbagai negara termasuk kunjungan ke Amerika ke Pentagon,” kata Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad kepada wartawan, Selasa (1/11/2022).

Tak hanya itu, Dasco menyebut Prabowo juga sempat dititipkan salam oleh beberapa pejabat negara lain. Dalam momen itu juga, kata Dasco, Prabowo menyampaikan salam tersebut.

“Dan menyampaikan salam dari menteri pertahanan dan kepala negara yang dikunjungi oleh Pak Prabowo kepada Pak Jokowi,” imbuhnya.

Kemudian, Dasco menyebut Prabowo juga sempat menyampaikan ke Jokowi terkait pesan dari para kepala negara. Dia menyebut pesan itu berkaitan dengan dinamika keamanan global.

“Dan di situ secara rinci juga Pak Prabowo menyampaikan pesan-pesan dari kepala pemerintahan dan menteri pertahanan terkait dengan isu keamanan global yang pada saat ini sedang berdinamika di dunia ini,” ujar Dasco.

Dasco tidak mengetahui apakah ada isu politik yang dibicarakan. Dasco menyebut dirinya belum menerima informasi lebih jauh terkait hal itu.

“Kalau soal politik saya belum tahu, saya belum update, nanti kalau ada update terkini kita akan sampaikan kepada media,” lanjut Dasco.

Cak Imin Temui Jokowi
Tak hanya bertemu Prabowo, Jokowi juga sempat bertemu dengan Ketum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin yang merupakan kawan koalisi Prabowo Subianto untuk 2024 di Istana Negara. Bahkan dalam pertemuan itu, Jokowi dan Cak Imin disebut sempat berbicara empat mata.

Hal tersebut disampaikan Wasekjen PKB Syaiful Huda. Awalnya Huda menjelaskan bahwa pertemuan antara Jokowi dan Cak Imin beserta 14 pengurus teras DPP PKB sempat berlangsung selama 45 menit. Namun, Huda menyebut setelah pertemuan itu, Jokowi dan Cak Imin sempat bicara 4 mata.

“Tadi hampir berjalan hampir 45 menit ya, habis itu kita jalan duluan, terus Cak Imin ada pertemuan 4 mata dengan Pak Jokowi,” kata Huda saat dihubungi, Senin (31/10).

Huda tidak menjelaskan lebih lanjut terkait pertemuan 4 mata itu. Dia mengaku tidak mengetahui isi perbincangan keduanya.

“Kita nggak tahu itu soal apa, itu aja sih,” ucapnya.

Terlepas dari itu, Huda menyampaikan isi pertemuan yang ia ketahui. Dia menjelaskan pertemuan Jokowi beserta Cak Imin dan rombongan PKB membicarakan terkait hasil konsolidasi road to win 2024 kader PKB.

“Isinya tadi menyampaikan hasil rapat konsolidasi nasional road to win 2024 dan tadi Gus Muhaimin sampaikan di depan Presiden ada 4 agenda yang ditelorkan dari hasil rapat konsolidasi itu, dan meminta ke pemerintah dalam hal ini Pak Presiden untuk memperhatikan dan mempertimbangkan untuk adanya semacam respons cepat dan peluang untuk dilakukan semacam penguatan kebijakan atau revisi kebijakan,” ujar dia.

Lebih lanjut, Huda tidak menampik bahwa ada pembicaraan soal politik. Namun demikian, menurutnya itu hanya sekedar laporan ke Jokowi bahwa acara juga dihadiri Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

“Ya tadi Ketum melaporkan saja kemarin acara dihadiri oleh Pak Prabowo sebagai teman koalisi kita, dan Pak Jokowi memahami itu karena kita sudah deklarasi koalisi dan menyerahkan sepenuhnya kepada PKB terkait momentum pilpres,” tuturnya. (d.c/Wahyu)