Menaker Beberkan Akar Masalah Bentrok Maut TKI-TKA PT GNI Morowali Utara

Jam : 22:02 | oleh -362 Dilihat
Menaker Ida Fauziyah
Menaker Ida Fauziyah

Jakarta, ToeNTAS.COM,– Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengungkap akar masalah hingga munculnya bentrokan antara tenaga kerja Indonesia (TKI) dan tenaga kerja asing (TKA) di PT GNI Morowali Utara. Akar masalah itu adalah tuntutan para buruh yang belum direspons oleh pihak perusahaan.
“Akar masalahnya ada tuntutan yang disampaikan kepada perusahaan yang belum direspons sehingga memicu terjadinya unjuk rasa yang berakhir dengan anarkis, jadi ini lebih pada persoalan yang belum respons dengan baik oleh pihak perusahaan,” kata Ida kepada wartawan, di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (16/1/2023).

Ida mengatakan pihaknya telah menurunkan tim untuk mediasi tuntutan para buruh. Ida mengatakan ada kesepakatan dari mediasi tersebut.

“Kami juga menurunkan mediator dari dinas tenaga kerja Morowali Utara dan provinsi untuk melakukan mediasi terhadap tuntutan yang disampaikan oleh buruh. Kami juga sudah minta kepada pengawas provinsi untuk melakukan pengawasan terhadap peristiwa yang terjadi di perusahaan tersebut, hari ini dua-duanya sudah melakukan mediasi dan sudah dicapai kesepakatan-kesepakatan,” ujarnya.

Ida menuturkan pihaknya akan melakukan pengawasan dari implementasi kesepakatan tersebut. Di samping itu, pihaknya akan menggali penjelasan lebih rinci dari persoalan tersebut.

“Berikutnya kami akan melakukan implementasi dari kesepakatan-kesepakatan tersebut, di samping kami juga akan terjun langsung untuk memperoleh penjelasan yang lebih rinci,” ucapnya.

Lebih lanjut, Ida enggan menyebut kesepakatan yang dihasilkan dari mediasi itu. Dia memastikan pihaknya akan mengawasi implementasi kesepakatan yang ada.

“Beberapa tuntutan direspons oleh perusahaan, nanti kami akan lihat seberapa jauh kesepakatan itu dan kami pengawasan akan mengawasi implementasi kesepakatan itu,” tuturnya.(det.c/wara)