Surat Gubernur Bali di Balik RI Terancam Batal Gelar Piala Dunia U-20

Jam : 11:50 | oleh -139 Dilihat
Gubernur Bali I Wayan Koster
Gubernur Bali I Wayan Koster

Jakarta, ToeNTAS.com,- Indonesia terancam batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 setelah FIFA membatalkan drawing Piala Dunia U-20 yang seharusnya digelar di Bali pada 31 Maret 2023. Padahal, sejumlah stadion yang akan digunakan untuk perhelatan tersebut sudah disiapkan, termasuk Stadion Kapten I Wayan Dipta di Gianyar, Bali.

Dikutip wartawan, Senin (27/3/2023), pembatalan drawing Piala Dunia U-20 itu tidak terlepas dari surat penolakan terhadap keikutsertaan Timnas Israel yang dilayangkan Gubernur Bali Wayan Koster. Surat tersebut dilayangkan Koster kepada Menteri Pemuda dan Olahraga yang saat itu masih dijabat Zainudin Amali.

“Kami mohon agar Bapak Menpora mengambil kebijakan untuk melarang tim dari Israel ikut bertanding di Bali. Kami, Pemprov Bali, menolak keikutsertaan Israel bertanding di Bali,” tulis Koster dalam surat tersebut.

Koster beralasan pemerintah Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan pemerintah Israel. Selain itu, menurutnya, kebijakan politik Israel terhadap Palestina tidak sejalan dengan kebijakan politik pemerintah Indonesia.

“Yang sampai saat ini masih menjadi masalah serius politik regional,” ungkapnya.

Pada suatu kesempatan, Koster pun membeberkan alasannya menolak Tim Nasional Israel U-20 bertanding di Bali saat Piala Dunia U-20. Politikus PDI Perjuangan itu menuturkan Israel menjajah Palestina.

“Kami menolak karena Israel melakukan gangguan atau penjajahan terhadap Palestina,” tutur Koster di Karangasem, Jumat (24/3/2023). (d.c/Ade)