Prabowo Capres Potensial, Jadi Magnet Koalisi Besar untuk Pemilu 2024

Jam : 23:40 | oleh -191 Dilihat
Pertemuan PAN dan Gerindra
Pertemuan PAN dan Gerindra

Jakarta, ToeNTAS.COM,- Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bisa menjadi motor penggerak dari Koalisi Besar, gabungan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR), jika benar terbentuk.

Begitu dikatakan Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari, menakar siapa paling pantas memimpin Koalisi Besar, yang sedang santer diwacanakan akan terbentuk.

“Tokoh sentral atau lokomotif dari koalisi itu adalah Prabowo Subianto karena dia adalah capres paling populer,” ujar Qodari kepada wartawan, Sabtu (8/4).

Dikatakan Qodari, ada dua variabel dalam memilih pemimpin dari Koalisi Besar. Di antaranya memiliki elektabilitas serta representasi perolehan kursi di DPR RI saat ini.

Qodari mengatakan, dari lima partai politik potensial pembentuk Koalisi Besar, memang Partai Golkar menempati kursi terbanyak di DPR RI.

“Tetapi kalau bicara Pilpres kan kunci ada di siapa calon presidennya. Maka dari semua ketua umum dengan elektabilitas paling tinggi dan berpotensi menang adalah Prabowo Subianto,” jelasnya.

Terima Kunjungan 3 Parpol

Sejak wacana Koalisi Besar muncul, kata Qodari lagi, Prabowo sudah menerima kunjungan tiga partai politik yaitu Partai Perindo, yang ketua umumnya adalah Hary Tanoesoedobjo dan Partai Bulan Bintang (PBB) yang ketua umumnya adalah Yusril Ihza Mahendra.

“Kan kita saksikan kemarin tokoh-tokoh politik bertemu, menyambangi Pak Prabowo, itulah kenapa dia bisa dan sangat potensial menjadi magnet utama Koalisi Besar,” pungkasnya.(lip.c/wara)