Jelang Laga Indonesia Vs Argentina, Penonton Diminta Naik Transportasi Umum

Jam : 08:50 | oleh -175 Dilihat
Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Doni Hermawan menjelaskan perkara tabrak lari yang terjadi di Jalan Raya Bekasi dekat pintu masuk Tol Cakung-Kelapa Gading, Jakarta Timur, Sabtu (17/6/2023).
Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Doni Hermawan menjelaskan perkara tabrak lari yang terjadi di Jalan Raya Bekasi dekat pintu masuk Tol Cakung-Kelapa Gading, Jakarta Timur, Sabtu (17/6/2023).

Jakarta, ToeNTAS.com,- Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Doni Hermawan meminta, penonton pertandingan timnas Indonesia vs Argentina memakai transportasi umum saat menuju Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat. Hal ini, untuk menghindari kemacetan dan penuhnya kantong parkir di lokasi. “Kami juga sudah imbau agar menggunakan kendaraan umum ya,” ujar Doni saat ditemui di Lapangan Presisi Ditlantas Polda Metro Jaya, Sabtu (17/6/2023).

“Kalau bisa datang ke GBK tidak menggunakan kendaraan pribadi untuk mengurangi jumlah kapasitas parkir maupun kapasitas kepadatan di lokasi,” lanjut dia. Doni menyebut, pihaknya telah menyediakan kantong parkir di sekitar area GBK. Kantong-kantong parkir tersedia di dalam area GBK, Monas, ataupun titik lain yang nantinya disiapkan. “Kami sediakan alternatif jika kapasitas sudah penuh, kami siapkan kantong parkir di Monas atau sepanjang jalur yang kami siapkan dijaga dengan personel yang cukup agar tidak mengganggu kelancaran lalu lintas di sekitar,” jelas Doni.

Mantan Kapolres Cianjur itu kemudian mengimbau agar para pengendara menghindari jalan sekitar SUGBK selama laga timnas Indonesia vs Argentina berlangsung, Senin (19/6/2023) mendatang. Hal itu, menurutnya, dilakukan untuk mencegah kepadatan arus lalu lintas. “Masyarakat di luar penonton yang menuju arah GBK atau sekitaran GBK (diimbau) menghindari jalan-jalan sekitar GBK, untuk menghindari kepadatan di kawasan GBK,” ungkap dia.

Rekayasa arus lalu lintas Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menyampaikan, sejumlah titik di sekitar Stadion Utama GBK bakal dialihkan sementara. “Terkait rekayasa lalu lintas pada saat hari pertandingan nanti, adalah bersifat situasional,” kata Trunoyudo saat dikonfirmasi.

Berikut rencana rekayasa lalu lintas yang disiapkan:

Arus lalu lintas yang dari Jalan Gatot Subroto yang akan menuju ke Jalan Gerbang Pemuda diarahkan lurus ke arah Slipi. Arus lalu lintas dari arah Slipi diarahkan lurus ke arah Semanggi, tidak ada yang menuju Layang Landokgi ke arah Jalan Gerbang Pemuda.

Arus lalu lintas yang dari Bundaran Senayan yang akan menuju Jalan Pintu Satu Senayan diluruskan ke Jalan Jenderal Sudirman arah Semanggi. Arus lalu lintas dari Jalan Mustopo yang menuju ke arah Jalan Asia Afrika di belokkan ke kanan menuju Jalan Hang Tuah Raya.

Arus lalu lintas dari arah Jalan Patal Senayan 1 yang akan menuju ke arah Jalan Asia Afrika di belokkan ke kiri ke Jalan Tentara Pelajar. Arus lalu lintas dari arah Jalan Tentara Pelajar yang akan menuju Jalan Patal Senayan diluruskan ke arah Jalan Permata Hijau. Arus lalu lintas arah Manggala Wanabakti yang akan menuju Jalan Lapangan Tembak diluruskan ke arah Jalan Tentara Pelajar.

Adapun laga Indonesia vs Argentina akan terselenggara pada Senin, 19 Juni 2023 pukul 19.30 WIB mendatang. Penjualan tiket timnas Indonesia melawan Argentina telah dibuka selama 3 hari, yakni pada 5, 6, dan 7 Juni 2023 pukul 12.00 WIB secara online.

Diberitakan sebelumnya, tiket laga timnas Indonesia vs Argentina ludes terjual hanya dalam waktu 3 menit pada hari terakhir pembelian. PSSI sendiri telah menyediakan 60.000 kuota tiket untuk melihat pertandingan dua negara itu. (d.c/Endi)