RI Masuk Endemi, Penduduk yang Punya Imunitas SARS-CoV-2 Capai 99%

Jam : 11:46 | oleh -182 Dilihat
ilustrasi keramaian
ilustrasi keramaian

Jakarta, ToeNTAS.com,- Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan perbaikan angka penularan COVID-19 di Indonesia tidak terlepas dari peran vaksinasi. Wiku menyebut 99% penduduk Indonesia telah memiliki imunitas terhadap virus Corona.

“Adanya perbaikan kondisi COVID-19 di Indonesia tidak terlepas dari peran vaksin. Jumlah dosis 3 vaksin adalah 38,01%, dan angka ini masih tetap penting untuk ditingkatkan,” kata Wiku dalam siaran YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (22/6/2023).

Wiku juga menjelaskan hasil serosurvei antibodi masyarakat terhadap virus Corona per Januari 2023. Dia mengatakan penduduk yang memiliki imunitas terhadap Corona mencapai angka 99%.

“Selain itu, serosurvei antibodi SARS-CoV-2 di bulan Januari 2023 menunjukkan proporsi penduduk yang memiliki kadar imunitas SARS-CoV-2 masih tinggi yaitu 99%,” tutur dia.

Lebih lanjut, Wiku mengatakan adanya perbaikan angka penularan Corona hingga penurunan keterisian tempat tidur menjadi dasar untuk mencabut status pandemi di Indonesia.

“Dengan adanya perkembangan yang baik untuk kasus positif, kematian, kasus aktif dan angka keterisian tempat tidur maka kondisi faktual ini cukup menjadi dasar pencabutan status pandemi COVID-19 di Indonesia,” jelasnya. (d.c/Intan)