Khawatir Bisnis dengan Barat Rusak, China Batasi Kerja Sama Bank Rusia

Jam : 09:18 | oleh -92 Dilihat
ilustrasi
ilustrasi

Jakarta, ToeNTAS.com,- Kunjungan Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken baru-baru ini ke Cina dan keputusan Bank of China untuk selanjutnya membatasi transaksi klien bank-bank Rusia bisa jadi merupakan suatu kebetulan. Tapi ini kemungkinan besar menjadi sinyal pertama keberhasilan kunjungan Blinken ke Beijing.

Stasiun siaran Rusia RBC baru-baru ini melaporkan, Bank of China telah mulai menghentikan transaksi Rusia dalam mata uang yuan, dolar AS, dolar Hong Kong, dan euro melalui akun-akunnya. Juga bank UniCredit dan Akibank melaporkan langkah serupa.

Di bawah sanksi yang diberlakukan AS dan Uni Eropa (UE) terhadap Rusia karena invasinya ke Ukraina, perbankan memang dilarang bertransaksi langsung dengan entitas Rusia yang terkena sanksi. Tetapi selama ini bank dan perusahaan di negara pihak ketiga seperti Cina tidak secara eksplisit dilarang melakukan bisnis dengan Rusia.

Barat sejauh ini juga tidak menjatuhkan sanksi sekunder kepada bank dan perusahaan di negara-negara non Barat yang melakukan transaksi dengan Rusia.

Cina semakin hati-hati?
“Saya perhatikan bahwa Bank of China tidak menolak rekening Rusia, tetapi hanya membatasi beberapa aktivitas ketika bank-bank Barat terlibat,” kata Eric Hontz, direktur Center for Accountable di Washington kepada DW.

Ini merupakan langkah pencegahan, kata Robert Person, Professor Hubungan Internasional di Akademi Militer Amerika Serikat. “Ini menunjukkan bahwa Cina mulai khawatir tentang kemungkinan ancaman sanksi sekunder,” jelasnya.

Namun Bill Browder, CEO dan salah satu pendiri Hermitage Capital, menyebut perkembangan ini sebagai suatu perubahan yang signifikan. “Ini menandakan tren yang mengkhawatirkan bagi Putin, karena dia berpotensi kehilangan salah satu pendukung terbesarnya,” katanya kepada DW.

Mantan diplomat Uni Eropa Albrecht Rothacher berpendapat, Beijing mulai menyadari bahwa perang Ukraina bukanlah kepentingannya, “dengan stagnasi ekonomi di Eropa dan berkurangnya daya beli di Rusia.”

“Lagipula, bisnis AS, UE, dan Inggris di Cina jauh lebih penting bagi mereka daripada bisnis Rusia, kecuali pengiriman minyak, gas, kayu, dan mineral,” kata Rothacher kepada DW.

Rute lain untuk bisnis Rusia
Para ahli percaya bahwa entitas Rusia yang terkena sanksi mencoba melakukan transaksi melalui bank di negara lain yang bersedia mengambil risiko. “Firasat saya adalah bahwa pemain top di Cina ingin menyerahkan bisnis Rusia ke perusahaan dan bank peringkat kedua dan ketiga, yang dapat tetap berada di bawah radar pemantauan sanksi,” jelas Rothacher.

Dia mengatakan, Rusia kemungkinan akan menggunakan bank kecil Cina lainnya, atau bank Turki atau India, atau bahkan bank di Austria. Tetapi itu akan membuat transaksi lebih mahal dan rumit.

Memang selama ini Rusia bertransaksi dengan beberapa negara untuk menghindari sanksi, seperti Uni Emirat Arab, Turki, Afrika Selatan, dan Brasil. “Misalnya, kami melihat arus perdagangan dan keuangan antara Rusia dan Asia Tengah meningkat secara signifikan. Bank-bank Cina juga memiliki lokasi di Asia Tengah,” kata Hontz.

Tapi situasi mungkin sedang berubah. “Para pemimpin Cina dan Rusia telah mengisyaratkan kemitraan strategis dan ekonomi yang semakin dalam, tetapi kenyataannya tidak selalu sesuai dengan retorikanya,” tulis Maia Nikoladze, asisten direktur Economic Statecraft Initiative, dalam blog Atlantic Council baru-baru ini. Ikatan ekonomi Cina dan Rusia dibatasi oleh kepentingan strategis Beijing, tulis Nikoladze.

“Tindakan Beijing selalu dibatasi oleh kepentingan strategisnya, dan kekhawatiran (bahwa tindakannya) akan memicu sanksi sekunder dari AS,” kata Nikoladze kepada DW. (d.c/Ega)