Drainase Tersumbat Akibat Longsor, 240 Warga Bogor Sempat Terdampak Banjir

Jam : 09:19 | oleh -119 Dilihat
banjir
banjir

Jakarta, ToeNTAS.com,- Hujan deras disertai angin kencang sempat melanda kawasan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Akibatnya, longsor terjadi di wilayah Nanggewer Mekar.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor Aris Nurjatmiko mengatakan bahwa longsoran tersebut menutup drainase warga. Aliran air warga menjadi tersendat karena longsor itu.

“Disebabkan hujan dengan intensitas tinggi yang cukup lama dan adanya material longsoran yang menyebabkan menyumbat aliran drainse,” kata Aris dalam keterangannya, Jumat (30/6/2023).

Peristiwa itu terjadi pada Kamis (29/6) malam tadi. Dampaknya, alir sempat meluap dan membuat permukiman warga tergenang banjir luapan.

“Mengakibatkan air meluap dan banjir kepermukiman warga setempat dengan ketinggian air sekitar 30 cm,” terangnya.

Sebanyak 50 rumah berisi 240 warga terdampak dari adanya banjir itu. Selain itu, sebuah masjid juga dilaporkan terendam banjir.

“Diperkirakan dampak hasil kaji cepat 50 unit rumah 60 KK 240 jiwa dan fasilitas umum Masjid Miftahul Jannah,” ungkapnya.

Warga melaporkan kejadian itu kepada petugas BPBD. Menerima laporan warga, petugas segera menuju ke lokasi kejadian untuk melakukan penanganan.

“Tim melakukan evakuasi penyedotan air dengan menggunakan mesin sedot portable. Hasil analisis di lapangan bilamana material longsoran tidak secepatnya dibersihkan, kemungkinan besar di saat hujan turun akan terjadi banjir kembali,” pungkas Aris. (d.c/Yoan)