Tak Punya Biaya Pemakaman, Ayah di Ciledug Simpan Jenazah Bayi di Freezer

Jam : 15:03 | oleh -200 Dilihat
ilustrasi penemuan mayat bayi
ilustrasi penemuan mayat bayi

Tangerang, ToeNTAS.com,- Seorang pria S (40) di Ciledug, Kota Tangerang, nekat memasukkan jenazah bayinya ke dalam freezer. S mengaku memasukkan jenazah bayinya karena tidak memiliki uang untuk menguburkan sang bayi.

“Keterangan dari S, bahwa dia tidak punya biaya dan tidak ada keluarga di Ciledug. Sehingga bayi dimasukkan ke freezer dulu sambil menunggu membuat surat kematian di kelurahan untuk dimakamkan,” kata Kapolsek Ciledug Kapolsek Ciledug AKP Dorisha Suryo, Rabu (5/7/2023).

Dorisha mengatakan mulanya, pada Minggu (2/7), S mengantar istrinya, AA (33), menuju rumah sakit untuk menjalani prosesi kelahiran. Saat itu AA melahirkan anaknya yang sudah dalam kondisi meninggal dunia.

“Kemudian AA melahirkan bayi pada hari Senin, 3 Juli 2023 pukul 07.00 WIB, pagi dalam kondisi bayi sudah meninggal. AA dirawat di ICU, sedangkan S pulang ke rumah membawa jenazah bayi untuk dimakamkan,” ujarnya.

Sore hari di kediamannya, S sempat membacakan surat Yasin sebelum akhirnya jasad anaknya dimasukkan ke freezer. Alasan S melakukan hal tersebut adalah melihat sebelumnya anaknya dikeluarkan dari lemari pendingin di rumah sakit.

“S membacakan Yasin dan kemudian memasukkan jenazah bayi ke dalam freezer. Alasan S memasukkan jenazah ke dalam freezer karena melihat jenazah dikeluarkan dari pendingin di RS,” jelasnya.

Diketahui jenazah anaknya dimasukkan ke freezer selama dua hari sejak Minggu (2/7) pukul 08.00 WIB malam. Pada Selasa (4/7), dia dibantu pihak pemerintah setempat mengurus pemakaman anaknya. Saat ini S masih diperiksa di Polsek Ciledug terkait hal ini.

“Jenazah dimasukkan ke dalam freezer dari jam 8 malam. Pada hari Selasa, 4 Juli, S mengurus surat kematian di kelurahan. Setelah selesai mengurus surat kematian, S mengeluarkan jenazah bayi dari freezer untuk dimakamkan di TPU Selapajang sekitar pukul 11 siang,” pungkasnya. (d.c/Yogi)