TransJ Sempat Nyangkut di Terowongan Manggarai, Sopir Diperiksa

Jam : 14:14 | oleh -95 Dilihat
ilustrasi bus minitrans
ilustrasi bus minitrans

Jakarta, ToeNTAS.com,- Sebuah bus Minitrans, bagian dari TransJakarta, tersangkut di terowongan dekat Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan. Sopir bus tersebut akan diperiksa pihak TransJakarta.

“Kita periksa, mintai keterangan (sopir bus),” kata Kepala Departemen Humas TransJakarta, Wibowo, saat dihubungi, Selasa (11/7/2023).

Selain sopir bus yang diperiksa, TransJakarta akan memeriksa CCTV dan bukti pendukung terkait insiden itu. Ia mengatakan akan ada ketentuan yang berlaku seusai pemeriksaan selesai.

“Tentu ada ketentuan yang sudah diatur. Lalu periksa juga pendukung. Misalnya CCTV dll,” katanya.

Ia menjelaskan penanganan bus tersebut berlangsung cepat. Saat ini bus tersebut tidak lagi tersangkut.

Sebelumnya, bus Minitrans tersangkut di terowongan dekat Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan. Atap bus tersangkut dan tak bisa melewati terowongan.

Kejadian itu diunggah oleh akun Twitter komunitas pengguna KRL, Jalur 5 Community. Peristiwa itu terjadi pada Senin (10/7/2023) malam.

Dari video yang diunggah, terlihat seseorang memandu bus tersebut untuk keluar dari terowongan. Terdengar suara gas dari bus yang mencoba mundur namun tetap tak bisa bergerak.

Kondisi ini membuat terowongan sempat tak bisa dilintasi. Beberapa pengguna kendaraan, khususnya sepeda motor, menunggu bus tersebut dievakuasi.

Menurut keterangan dari Jalur 5 Community, bus tersebut salah masuk jalur. Terowongan itu adalah terowongan Manggarai di sisi utara yang tidak diperuntukkan bagi angkutan bus tinggi. Sementara itu, bus seharusnya melewati sisi selatan.

Pihak TransJakarta menyebut evakuasi telah selesai semalam. Bus langsung berpindah ke jalur yang semestinya setelah dievakuasi.

“Bus langsung berpindah (jalur setelah dievakuasi), tidak ada gangguan,” kata Kepala Departemen Humas TransJakarta, Wibowo, saat dihubungi, Selasa (11/7/2023).

Saat kejadian, bus tidak mengangkut penumpang. Untuk kondisi bus, PT TransJakarta masih memeriksanya.

“Sedang diperiksa untuk kondisi bus,” katanya. (d.c/Joshua)