Kala Gibran Temani Heru Budi Cek Proyek hingga Bagi Susu di Jakarta

Jam : 08:18 | oleh -138 Dilihat
Heru Budi dan Gibran Rakabuming di Kali Senggol Jakbar
Heru Budi dan Gibran Rakabuming di Kali Senggol Jakbar

Jakarta, ToeNTAS.com,- Ada yang berbeda dari kunjungan kerja Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono ke wilayah. Kali ini, Heru ditemani oleh Wali Kota Solo sekaligus Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka menghampiri warga Jakarta di dua wilayah.

Dirangkum Wartawan, Jumat (28/6/2024), kunjungan pertama Heru Budi dan Gibran ialah mendatangi Kali Semonggol di Jakarta Barat yang tengah dikeruk. Gibran terlihat mengenakan baju batik berjalan bersama Heru Budi dan menyapa warga yang sudah menunggu.

Bagi-bagi Susu dan Kotak Pensil
Terlihat, Heru Budi dan Gibran juga membagikan kotak pensil, buku dan susu kepada anak-anak. Selain itu mereka juga membagikan sembako kepada warga yang menunggu.

Setelah itu, Heru dan Gibran menuju lokasi pengerukan kali untuk memantau denah pengerukan. Lalu, mereka pun berlanjut untuk berkeliling menyapa warga dan membagikan sembako.

“Mas Gibran makasih susunya, aku sudah minum nih,” teriak salah satu anak di lokasi.

Tak berhenti sampai situ, keduanya melanjutkan kunjungan kerja ke wilayah Kamal Muara di Jakarta Utara. Pantauan detikcom di Dermaga Muara Kamal, Jakarta Utara, Jumat (28/6/2024), kedatangan mereka langsung disambut oleh anak-anak dan ibu-ibu.

Heru Budi dan Gibran pun kembali membagikan susu dan buku kepada warga.

“Selamat datang bapak, selamat datang bapak, selama datang kami ucapkan,” teriak para warga yang sudah menunggu.

Selanjutnya penjelasan Heru Budi hingga Gibran soal kunjungan ke wilayah-wilayah Jakarta.

Kata Heru Budi soal Didampingi Gibran
Heru Budi Hartono menjelaskan alasan dirinya yang didampingi Gibran Rakabuming Raka saat kunjungan ke Kali Semongol dan Kelurahan Kamal Muara. Heru mengatakan bahwa Gibran ikut dirinya hanya untuk meninjau beberapa proyek di Jakarta.

“Kehadiran beliau (Gibran) untuk mengecek beberapa proyek yaitu proyek banjir Semongol dan beliau memastikan apakah berjalan dengan baik. Tadi sampaikan pada beliau bahwa Semongol sudah dikeruk dengan kondisi trase yang ada nanti lanjut sheetpile,” kata Heru Budi pada wartawan di Kelurahan Muara Kamal, Jakarta Utara, Jumat (28/6/2024).

Ia mengatakan kawasan Kali Semonggol akan diberi pompa dan berharap agar kawasan tersebut dapat terhindar dari banjir parah. Selain itu, di Kelurahan Kamal Muara Jakut, Heru mengatakan bahwa pihaknya yang bekerja sama dengan perusahaan swasta untuk merevitalisasi rumah-rumah warga.

“Semoga yang kemarin banjir sudah bisa berkurang dan nanti ditambah pompa di Kamal. Yang berikutnya menunjukkan bahwa Pemda DKI dengan Tsu Chi. Kami bersama-sama merevitalisasi rumah-rumah yang memang menjadi perhatian ada di Kamal, nanti ada di Palmerah, Cempaka Putih dan seterusnya,” ucapnya.

Gibran Ngaku Ingin Studi Banding di Jakarta
Gibran Rakabuming Raka turut angkat bicara mengenai kunjungan ke dua wilayah di Jakarta itu. Awalnya, Gibran mengaku hanya ingin menyapa dan bermain bersama warga.

“Nggak ada agenda apa-apa. Main aja,” kata Gibran pada wartawan di Dermaga Muara Kamal, Jakarta Utara pada Jumat (28/6/2024).

Di sisi lain, saat ditanya awak media soal kepentingannya mengunjungi lokasi tersebut, ia mengaku datang sebagai wali kota Solo.

“(Sebagai) wali kota,”ujar Gibran saat ditanya apakah ia datang sebagai wakil presiden terpilih atau wali kota.

Saat ditemui wartawan di Solo, Jawa Tengah pada Jumat (28/6) sore, Gibran kembali menjelaskan soal agenda bersama Heru Budi. Gibran mengaku memenuhi undangan Heru dalam rangka studi banding.

“(Diundang Pak Heru) iya, iya. Tadi sekadar saya mau jalan ke airport, tempatnya dekat airport, mampir,” kata Gibran dikutip Wartawan, Jumat (28/6/2024).

Lebih lanjut, Gibran mengatakan kedatangannya di sana untuk melakukan studi banding dengan Jakarta. Ia menilai terdapat permasalahan yang sama antara Jakarta dan Solo, mulai persoalan kawasan kumuh hingga banjir.

Selain itu, ia memandang Jakarta melakukan penanganan yang sama dengan Solo, yakni menggandeng pihak swasta untuk pembangunan kota. “Permasalahan kita kan biasanya ada banjir, kawasan kumuh, sama seperti Solo, nggak ada salahnya to kita melakukan studi banding dengan Jakarta,” bebernya.

Gerindra Bicara Mandat Prabowo
Gerindra turut berkomentar mengenai aksi Gibran mendampingi Heru Budi Hartono mengecek beberapa proyek di Jakarta. Gerindra bicara instruksi Presiden Terpilih Prabowo Subianto yang memberikan keleluasaan kepada Gibran untuk berkomunikasi dengan siapapun.

“Prinsipnya Pak Prabowo memberi keleluasaan kepada Mas Gibran untuk berkomunikasi dengan siapapun,” kata Sekjen Gerindra Ahmad Muzani kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (28/6/2024).

Muzani mengatakan hal tersebut untuk menciptakan suasana politik yang teduh. Gibran, kata Muzani, diberikan mandat penuh untuk berleluasa jalin komunikasi dengan pihak manapun.

“Untuk menciptakan suasana politik yang lebih teduh, lebih ada kerukunan, sehingga Mas Gibran memiliki mandat penuh dari Pak Prabowo,” ujarnya. (d.c/Heru)