Dalam Sehari, 3 Parpol ‘Rival’ Nyatakan Dukung Prabowo

Jam : 07:12 | oleh -111 Dilihat
Prabowo-Gibran

Jakarta, ToeNTAS.com,- Partai di koalisi pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming kini bertambah. Di hari yang sama, ada 3 partai politik yang menyatakan dukungan ke pemerintahan Prabowo-Gibran, yakni NasDem, PPP, dan Perindo.

Ketiganya menyatakan dukungan pada Kamis (15/8). Dukungan itu disepakati usai para ketum partai politik tersebut menyambangi Prabowo di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan.

Pertama yang datang yakni Ketum NasDem Surya Paloh, kemudian secara bergantian Plt Ketum PPP Muhammad Mardiono dan Ketum Perindo Angela Tanoesoedibjo. Usai bertemu Prabowo, masing-masing menyampaikan dukungan terhadap pemerintahan Prabowo.

Diketahui, ketiga partai ini merupakan rival alias bukan partai pendukung Prabowo saat Pilpres 2024. NasDem mendukung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, sementara PPP dan Perindo pendukung Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Berikut rangkuman masing-masing ketum menyampaikan dukungan kepada Prabowo-Gibran.

NasDem
Ketum Partai NasDem Surya Paloh menjadi pertai pertama yang datang bertemu Prabowo kemarin. Paloh tiba di Kertanegara pukul 16.19 WIB. Setelah pertemuan, Paloh menyatakan siap mendukung pemerintahan Prabowo-Gibran.

Hal itu disampaikan Paloh usai bertemu Prabowo Subianto. Dia mengatakan dalam pertemuan itu membahas kehidupan kebangsaan yang harus bergerak dinamis.

“Agar upaya dan harapan kita bersama untuk mengantarkan kehidupan kesatuan masyarakat agar semakin bisa tercapai,” ujar Paloh.

Paloh juga menyinggung pentingnya para elite bangsa untuk bersatu menghadapi tantangan. Dia berharap perjalanan tidak berhenti karena ketidakpahaman.

“Betapa pentingnya para elite bangsa harus bersatu untuk menghadapi tantangan yang semakin besar yang kita hadapi. Harapan-harapan kita agar progres perjalanan ini tidak boleh terhenti karena keangkuhan, ketidakpahaman betapa pentingnya persatuan itu sebagai salah satu kekuatan utama untuk kehidupan bangsa kita,” jelasnya.

Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh (kanan) berjabat tangan dengan Ketua Umum Partai Gerindra yang juga presiden terpilih Prabowo Subianto seusai melakukan pertemuan di Rumah Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta, Kamis (15/08/2024). Foto: Agung Pambudhy

Paloh menilai hal tersebut tidak berlebihan. Terlebih persatuan bangsa untuk menumbuhkan optimisme dari seluruh komponen dan elemen masyarakat.

“Suasana yang lebih sejuk, penuh optimis. Ini akan memudahkan pemerintahan di bawah kepemimpinan Pak Prabowo dan Mas Gibran untuk mampu mendelivery program dan kerja yang dilaksanakan,” ujarnya.

NasDem, kata Surya Paloh, bertekad melakukan segala upaya untuk menyukseskan pemerintahan ke depan. Paloh berharap bergabungnya NasDem dengan Prabowo bukan malah menambah beban, tetapi menjadi bagian dari yang meringankan.

“NasDem jelas bertekad dengan seluruh daya upaya yang ada, apa yang dimilikinya berkepentingan untuk suksesnya pemerintahan ini,” kata Paloh.

“Saya juga mengatakan mudah-mudahan bukan sebagai faktor yang menambah beban insyaallah, mudah-mudahan dia bagian daripada yang meringankan,” lanjutnya.

PPP
Plt Ketum PPP Muhammad Mardiono tiba di kediaman Prabowo pukul 18.29 WIB tidak berselang lama, usai Paloh meninggalkan lokasi. Mardiono menyatakan PPP harus mendukung pemerintahan yang akan datang. Namun, dia mengatakan, hal itu merupakan proses dari menjaga demokrasi.

“Tetapi karena itu sudah kita lakukan dan kita selesaikan, dan sudah ada keputusan. Maka PPP tidak ada alasan lain yaitu harus mendukung kepada presiden terpilih yaitu Bapak Prabowo Subianto agar bisa menjalankan semua program-program kerja yang hari ini telah ditunggu-tunggu rakyat Indonesia,” ungkapnya.

Karena itu, Mardiono memastikan PPP akan mendukung pemerintahan Prabowo-Gibran. Sementara perihal kerjasama pada pilkada, lanjutnya, masih terus dilakukan.

“Selanjutnya jaga kami telah memiliki komitmen dengan Partai Gerindra yaitu menjalin kerja sama di pilkada, baik tingkat maupun kabupaten kota,” terang Mardiono.

“Dan ini telah berjalan sejak proses-proses pencalonan pilkada itu dilakukan, itu sudah berjalan. Jadi masih ada beberapa tempat lagi,” pungkas dia.

Perindo
Ketum Perindo Angela Tanoesoedibjo menyambangi rumah Prabowo pukul 18.56 WIB. Usai bertemu Prabowo, Angela mengungkap dukungannya kepada pemerintahan Prabowo-Gibran.

“Betul, (Perindo) resmi mendukung pemerintahan yang sah Prabowo-Gibran,” kata Angela.

Menurut Angela, dukungan itu bukti Perindo ingin berkontribusi lebih baik kepada negara. Menurutnya, hal itu hanya bisa dilakukan jika berada di pemerintahan.

“Tentunya ini merupakan salah satu bentuk memang, kami melihat Partai Perindo ke depannya ini harus mendukung pemerintahan ya. Karena kalau kita ingin berkontribusi lebih lagi, kita harus bergabung dengan pemerintah,” sambungnya.

Ditanya perihal ada tidaknya jatah menteri yang diajukan Perindo pada pemerintahan ke depan, Angela menyebut tak membahas itu. Angela menekankan pihaknya membahas soal arah pembangunan ke depan.

“Kami hanya membahas soal bagaimana arah pembangunan ke depannya dan bagaimana Perindo bisa harus berkontribusi,” jelas Angela.

“Apalagi hari ini Perindo sudah bertransformasi dengan banyak generasi muda yang join Perindo. Kamu harap ini bisa melakukan gagasan-gagasan generasi muda dalam pemerintahan ke depannya,” pungkas dia. (d.c/Eka)