RK Janji Hidupkan Pentas Lenong di Kecamatan Tiap Malam Senin

Jam : 17:37 | oleh -24 Dilihat
Ridwan Kamil
Ridwan Kamil

Jakarta, ToeNTAS.com,- Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut 1 Ridwan Kamil (RK) bermain kesenian lenong bareng Seniman Betawi di Kawasan Meruya, Jakarta Barat. RK berjanji menghidupkan pentas lenong setiap malam Senin di kecamatan.

Pentas itu diselenggarakan di Pasar Jabon, Meruya Utara, Jakarta Barat pada Sabtu (19/10/2024). Seniman Betawi seperti Malih, Muhammad Sulaeman Harsono (Haji Bolot), dan beberapa seniman lainnya ikut memeriahkan acara tersebut.

RK yang ikut bermain lenong itu, tampak memakai baju koko putih lengkap dengan saruang berwarna merah yang di kalungkan di leher. Layaknya warga betawi, RK lihai berpantun.

“Mamang, saya Alhamdulillah udah pulang kampung. Siap membangun Jakarta,” kata RK di atas panggung.

“Kain ditenun sandal swallow. Di Pamulang emang banyak preman. Bertahun-tahun pergi merantau. Saatnya sekarang pulang membangun kampung halaman,” lanjut RK berpantun.

“Nggak nyangka lu bisa pantun,” kata Malih diikuti tawa warga yang hadir.

“Ada setu di deket Mampang. Ada ikan di dalam sumur. Mohon doa restu mamang, ni ponakan mau jadi gubernur,” lanjut RK.

Dalam kesempatannya itu, RK mengatakan bahwa kesenian Betawi harus terus dilestarikan. RK menyebut, jika dirinya menjadi gubernur Jakarta, ia akan mengadakan pentas kesenian setiap bulannya.

“Kalau nonton lenong hati terhibur. Saya ingin Warga Jakarta merasakan hati terhibur itu sebanyak-banyaknya. Karena Jakarta kota stres nomor 9. Makanya kita ada program car free night, program untuk UMKM, dan budaya,” ujar RK.

“Jalanannya di tutup buat UMKM, di tengahnya ada panggung Lenong. Nanti Saya wajibkan tiap Kecamatan di malam Senin. Kan jadi ramai, sanggar jadi hidup lagi, warga bahagia,” imbuhnya. (d.c/Wanti)