Sugiono, Anak Ideologis Prabowo Asal Aceh yang Ditunjuk Jadi Menlu

Jam : 20:06 | oleh -17 Dilihat
Menlu Era Jokowi, Retno Marsudi berbincang dengan Menlu Era Prabowo
Menlu Era Jokowi, Retno Marsudi berbincang dengan Menlu Era Prabowo

Medan, ToeNTAS.com,- Presiden Prabowo Subianto melantik Sugiono sebagai Menteri Luar Negeri dalam Kabinet Merah Putih. Waketum Partai Gerindra itu merupakan putra kelahiran Aceh yang dikenal sebagai anak ideologis Prabowo.

Dirangkum wartawan, Senin (21/10/2024), Sugiono lahir di Takengon, Aceh Tengah, Aceh 11 Februari 1979. Dia sebelumnya menjabat sebagai anggota DPR RI periode 2019-2024 dari daerah pemilihan (Dapil) Jawa Tengah I.

Pada masa kecilnya, Sugiono bersekolah di SDN 1 Takengon (1985-1992), dan SMPN 3 Banda Aceh (1991-1994). Dia kemudian hijrah ke pulau Jawa setelah diterima di SMA Taruna Nusantara Magelang (1994-1997).

Usai lulus SMA, Sugiono sempat menjalani pendidikan militer di Amerika. Dia juga sempat berdinas di Kopassus TNI pada 2002-2004 sebelum akhirnya memilih pensiun dini dengan pangkat terakhir Lettu.

“Pemuda Jawa kelahiran Takengon, Aceh, di usianya yang menginjak 42 tahun, Sugiono sudah menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Partai Gerindra dan Wakil Ketua Harian DPP Partai Gerindra,” tulis laman resmi Fraksi Gerindra dikutip Wartawan.

Sugiono merupakan sosok pemuda cerdas yang ada di lingkaran terdekat Prabowo. Bahkan tak sedikit yang mengatakan, bahwa pria yang pernah menimba ilmu di Norwich Military Academy-Amerika ini merupakan anak ideologis Prabowo Subianto. Prabowo memang gemar mengumpulkan pemuda-pemuda intelek untuk menjadi kawan diskusi, dan itu sudah berlangsung sejak lama.

Disebutkan juga, Sugiono memiliki banyak kesamaan dengan Prabowo. Dia juga dikenal cermat dalam menanggapi persoalan dan tegas dalam bersikap.

Dalam sebuah video yang diunggah di YouTube pada 2021, Prabowo sempat memperkenalkan Sugiono di depan sejumlah orang. Prabowo saat itu menyebutkan Sugiono sudah bersamanya selama 21 tahun sejak Sugiono masih remaja.

“Beliau lulusan terbaik SMA Taruna Nusantara, kemudian saya pilih saya kirim ke Amerika. Di Amerika ikut akademi militer di Norwich . Di situ lulus terbaik juga. Saking terbaiknya ditawarkan warga negara Amerika. Bayangkan,” kata Prabowo dalam video tersebut.

Sugiono disebut tidak menerima tawaran tersebut dan memilih kembali ke Indonesia. Prabowo mengaku kemudian meminta Sugiono keluar dari TNI dan ikut bersamanya.

“Saya minta berani nggak kamu keluar kau ikut saya. Kita berjuang di masyarakat sipil kita bangun partai, kita minta mandat dari rakyat kita berjuang untuk perbaiki negara melalui jalur demokrasi. Beliau tanpa ragu-ragu mundur dari tentara, bergabung dengan saya,” ujar Prabowo.

Diketahui, Sugiono hari ini akan dilantik sebagai Menteri Luar Negeri (Menlu) di pemerintahan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka. Sugiono menjelaskan sejumlah arahan dari Prabowo kepadanya.

“Arahan bapak Presiden adalah untuk menjaga komunikasi yang baik dengan tetangga-tetangga kita,” ujar Sugiono di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10/2024) seperti dikutip dari detikNews.

Sugiono mengatakan isu Palestina juga tetap menjadi prioritasnya saat menjabat sebagai Menlu. Dia mengatakan pemerintah Indonesia akan terus membantu rakyat Palestina.

“Tentu saja upaya-upaya untuk membantu saudara-saudara kita di Palestina,” kata Sugiono. (d.c/Yahya)