Unik! Pasukan Oranye di Jakarta Timur Upacara di Tengah Waduk

    0
    70
    Advertisement

    Jakarta, ToeNTAS.com,- Pasukan UPK Badan Air atau yang dikenal dengan pasukan oranye di Kecamatan Cakung, Jakarta Timur merayakan hari kemerdekaan RI dengan cara unik. Mereka menggelar upacara dan mengibarkan bendera di tengah waduk.

    “Tadi upacara di Waduk (daerah) Penggilingan, Cakung. Peserta upacara UPK Badan Air Kecamatan Cakung,” kata Pemantau UPK Badan Air Kecamatan Cakung Khorib Muhazir saat berbincang, Kamis (17/8/2017) malam.

    Pasukan oranye Kecamatan Cakung gelar upacara di tengah wadukPasukan oranye Kecamatan Cakung gelar upacara di tengah waduk

    Khorib mengatakan ide upacara di tengah waduk itu berasal dari teman-temannya untuk memeriahkan hari kemerdekaan. Upacara itu digelar pagi hari sekitar pukul 07.30 WIB, pasukan pengibar bendera tetap memakai seragam pasukan oranye dan berpeci .

    “Inspirasi dari anggota, kita kan pekerja UPK Badan Air kerjanya sama air jadi kenapa nggak kalau upacara di air. Ini juga baru pertama kali upacara di air,” tuturnya.

    Tentu saja sebelum upacara berlangsung, para pasukan oranye ini harus mengecek kondisi lapangan. Mereka tak sembarangan berdiri di tengah waduk untuk menggelar upacara jika tidak aman.

    “Sebelumnya kita harus bersihkan sampah-sampah di aliran itu. Kita ada surveinya juga, dicek kedalamannya membahayakan atau nggak, kalau ternyata aman semua ya sudah dikondisikan,” ceritanya.

    Petugas upacara memakai seragam pasukan oranye dan berpeciPetugas upacara memakai seragam pasukan oranye dan berpeci

    Khorib mengakui jika aksi upacara di tengah waduk itu menyedot perhatian warga. Usai kegiatan upacara, pasukan oranye kembali bekerja dan sore harinya kegiatan dilanjutkan dengan aneka lomba.

    “Memang tadi banyak yang nonton. Selain upacara kita kan juga ada lomba, tapi baru sore hari setelah selesai bekerja,” ucap Khorib.

    Kegiatan itu juga diapresiasi Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan DKI Jakarta Isnawa Adji. Isnawa memuji mereka sebagai pahlawan penjaga kebersihan.

    “Itu inisiatif mereka sendiri. Mereka adalah pahlawan kebersihan Jakarta yang menjaga, memelihara dan berhasil mengubah wajah Jakarta menjadi lebih bersih dan indah. Pasukan oranye telah menjadi pahlawan kota Jakarta,” puji Isnawa. (det.c/to)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here