Busana Siraman Kahiyang Dibuat dari Kain Jumputan Bermotif Khusus

    0
    71
    Advertisement

    Sukoharjo, ToeNTAS.com,- Putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu akan melaksanakan upacara siraman sehari sebelum pernikahan. Di salah satu sesi, Kahiyang bakal mengenakan busana dari kain jumputan.

    Kain jumputan ialah semacam kain batik. Namun proses pembuatan motifnya dilakukan dengan cara dijumput atau diikat kecil-kecil terlebih dahulu.

    Keluarga presiden memesan kain tersebut kepada perajin kain jumputan Pradana Jumput Solo di Jalan Mangesti Utara, Perum Griya Kusuma A.26, Gentan, Kecamatan Baki, Sukoharjo. Pemesanan dilakukan melalui desainer busana Tuty Adib.

    “Saya sudah dikabari (tentang acara pernikahan) jauh-jauh hari. Bu Tuty minta disiapkan motif-motif jumputan, konsultasi terus, lalu Bu Tuty yang mendesain (busananya),” kata pemilik Pradana Jumput Solo, Rita Andriyastuti, di Sukoharjo, Sabtu (4/11/2017).

    Dia mengaku memperoleh pesanan kain jumputan untuk satu setel kebaya dan jarik untuk upacara siraman. Namun dia tidak mengetahui akan dikenakan pada sesi apa.

    “Itu setelan jarik dan kebaya. Tapi enggak tau dipakai pas mandinya atau selesai mandi,” ujarnya.

    Mengenai gambaran motif dan warna, dia masih merahasiakannya. Namun dia mengklaim hasil karyanya kali ini benar-benar baru.

    “Motifnya saya baru buat sekali ini. Saya belum pernah lihat orang lain membuat yang seperti itu,” kata suami Rita, Hardiyanto Setiyadi. (det.c/endi)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here