Anies Dicegah ke Podium, PAN: Tak Pantas dan Kurang Patut

Jam : 00:57 | oleh -110 Dilihat

Jakarta, ToeNTAS.com,- Waketum PAN Mulfachri Harahap mengkritik insiden Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang dicegah Paspampres ke podium Piala Presiden 2018. Menurutnya, kejadian itu tak pantas diterima seorang pejabat tuan rumah.

“Menurut saya nggak pantes lah, kurang patut. Mungkin ada kesalahan protokoler, ya harus ada penjelasan pihak yang kompeten lah, paling tidak panitia menjelaskan supaya tidak ada spekulasi yang macam-macam yang buat situasi kurang bagus,” kata Mulfachri di Gedung KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Minggu (18/2/2018).

Pihak panitia, melalui ketua steering comitte Maruarar Sirait sebelumnya sudah memberikan penjelasan pencegahan Anies ke podium. Lebih lanjut, Mulfachri menilai persoalan ini hanyalah insiden kecil.

“Saya kira ini masalah kecil saja. Dalam kegiatan lain pun itu sering terjadi,” tutur pimpinan Komisi III DPR ini.
Sebelumnya, Istana sudah menjelaskan bahwa tak ada arahan dari Presiden Joko Widodo untuk mencegah Anies maju ke podium Piala Presiden. Istana juga menegaskan bahwa acara penyerahan Piala Presiden tersebut bukanlah acara kenegaraan sehingga tidak mengikuti aturan protokoler.
Sementara itu, Wasekjen Golkar Maman Abdurahman meminta Maruarar Sirait bertanggung jawab dan minta maaf. Maruarar sendiri mengatakan bahwa memang tidak semua pejabat diminta naik ke podium Piala Presiden. (det.c/obi)