Tol Balikpapan-Samarinda Ditargetkan Beroperasi Desember 2019

    0
    19
    Advertisement

    ToeNTAS.com,- Jalan Tol Balikpapan-Samarinda di Kalimantan Timur akan segera beroperasi akhir tahun ini. Progres pembangunan jalan bebas hambatan yang melintasi ibu kota negara ini sudah 97,4 persen. Tol penghubung kota penyangga ibu kota negara ini sepanjang 99,35 kilometer dibagi dalam lima seksi pekerjaan.

    Seksi I sepanjang 22,03 kilometer dari Balikpapan – Samboja. Seksi II sepanjang 30,98 kilometer dari Samboja – Muara Jawa. Seksi III sepanjang 17,50 kilometer dari Muara Jawa – Palaran. Sementara, seksi IV sepanjang 17,95 kilometer dari Palaran – Samarinda dan seksi V sepanjang 11,09 kilometer dari Balikpapan – Sepinggan. “Iya, target akhir Desember 2019 ini akan beroperasi,” ungkap Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Kalimantan Timur, Taufik Fauzi di Samarinda, Kamis (24/10/2019).

    Taufik mengatakan, saat ini para kontraktor fokus menyelesaikan di masing-masing seksi sehingga segera di gunakan Desember mendatang. “Itu sesuai target. Saya sudah ketemu Dirut Jasa Marga Ibu Desi di Balikpapan saat pertemuan bersama Kementerian PUPR beberapa waktu lalu. Beliau (Desi) menyampaikan akhir Desember ini sudah operasi, jadi kita tunggu saja,” jelas Taufik.

    Seksi yang dibiayai APBD Kaltim, kata Taufik telah selesai. Hanya menunggu pembiayaan pemerintah pusat. Soal peresmian, Taufik menyerahkan kepada Gubernur Kaltim dan pemerintah pusat.

    Ditemui terpisah, Gubernur Kaltim Isran Noor menunggu perintah pusat untuk jadwal peresmian Tol Balikpapan – Samarinda. “Karena itu proyek strategis nasional maka kita tunggu perintah presiden. Kalau mau diresmikan sebelum dibuka untuk umum atau sebaliknya pun kita tunggu saja,” kata Isran.

    Sebenarnya jalan Tol Balikpapan-Samarinda, kata Isran, sudah bisa digunakan. Karena pekerjaannya hanya finishing saja. “Tadi Pak Kapolda Kaltim dan Pangdam Mulawarman sudah melintas dari Balikpapan,” katanya. Jarak tempuh menggunakan tol dipredikasi hanya memakan waktu 1-2 jam. Jika tak lewat tol, waktu tempuh Balikpapan-Samarinda bisa memakan waktu 3-4 jam. (kom.c/H)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here