5 Kuliner kaki lima malam hari di Bandung yang terkenal enak dan murah

    0
    389
    Advertisement

    ToeNTAS.com,- Bandung tak hanya dikenal sebagai kota kembang dan kota mode, tetapi juga dikenal sebagai kota gastronomi Indonesia karena kekayaan kulinernya yang beragam. Selalu ada hal baru yang bisa dicicipi kala berkunjung ke ibukota Jawa Barat ini.

    Sebagai kota kuliner, Anda tak akan kesulitan mencari kudapan di kota Bandung. Di setiap sudut jalan dan sepanjang hari. Mulai dari pagi hari hingga ke pagi lagi, rasanya petualangan kuliner Anda di sini akan terpenuhi dengan mudah.

    Anda tipe orang yang gemar makan di saat hari sudah gelap? Ya, kami pun demikian. Tak lengkap rasanya bila berkunjung ke Bandung tanpa mencicipi kuliner malamnya.

    Di tengah dinginnya udara malam hari di Bandung, hal yang paling cocok dilakukan tentunya adalah makan. Lupakan dosa makan di malam hari! Anda lebih berdosa bila membiarkan perut keroncongan di tengah malam.

    Berikut ini kami sajikan 16 kuliner malam hari kaki lima Kota Bandung yang menjadi daftar wajib kunjungan dan layak uintuk dicicipi.

    1. Seafood segar melimpah di tepi pantai pinggir jalan: Seafood Kiloan Bang Bopak

    Menyantap beraneka jenis seafood yang disajikan dalam porsi besar dan dimakan dengan tangan langsung memang lagi ngetren di mana-mana.

    Namun tempat yang satu ini berbeda karena lokasinya ada di sebuah kedai sederhana di pinggir jalan. Ya, jika Anda melintasi Jl. Brigjend Katamso di tengah malam dan melihat ada kerumunan kendaraan parkir di pinggir jalan, maka Anda telah menemukan Seafood Kiloan Bang Bopak!

    Menu seafood yang disajikan di sini cukup beragam, mulai dari berbagai jenis kerang, udang, cumi, kepiting, hingga golongan seafood “mewah” seperti lobster maupun baby octopus dengan aneka pilihan saus (saus padang dan saus nanasnya juara!).

    Seafood Kiloan Bang Bopak
    Seafood Kiloan Bang Bopak

    Soal rasa nggak perlu diragukan lagi, lihat saja betapa orang rela mengantre demi. Apalagi harganya juga tergolong murah. Kalau datang beramai-ramai, pesanlah menu Super Special Combo yang terdiri dari campuran kepiting, udang, cumi dan aneka kerang.

    Photo by hariedsprakasa, dadungs

    Seafood Kiloan Bang Bopak

    Alamat: Jl. Brigjend Katamso No. 33, Bandung 40122
    Telepon: 0822 1919 4329
    Jam Operasional: 18.00 – 03.00
    Harga: Rp25.000 – Rp250.000

    2. Bukan zona terlarang bagi yang kelaparan: Zona Merah (Zomer) Sukajadi

    Saat sebagian besar tempat makan mulai tutup, justru warung makan khas Sunda dengan tenda merah menyala ini baru mulai menggeliat.

    Lokasinya berada di trotoar pinggir jalan, tepat di depan sebuah toko percetakan. Begitu masuk ke dalam tenda tersebut, tempatnya tak begitu istimewa, namun apa yang tersaji di depan mata adalah sebuah surga bagi pecinta kuliner.

    Zona Merah (Zomer) Sukajadi
    Zona Merah (Zomer) Sukajadi

    Segala menu yang dijual di sini dijembreng di sebuah meja panjang yang cukup besar. Ada aneka ikan, ayam, cumi, jeroan, sate, pepes, sayur, gorengan, tumisan, dan buaaaanyak lagi! Pengunjung tinggal pilih saja mau makan yang mana. Kalau kamu penyuka pedas, coba deh menu baru Orek Mercon yang maknyuss!

    Karena buka sampai pukul 04.00 subuh, jangan khawatir Anda kehabisan makanan saat lapar tengah malam melanda. Semua lauk tersebut bisa dinikmati dengan nasi putih atau nasi uduk sesuai selera.

    Zona Merah (Zomer) Sukajadi

    Alamat: Jl. Sukajadi No. 182, Bandung (beberapa puluh meter dari PVJ)
    Jam Operasional: 21.00 – 04.00
    Harga: Rp2.000 – Rp20.000/item

    3. Buat yang ngidam duren di malam hari: McDurens

    Malam-malam ngidam yang manis-manis? Atau lapar tapi nggak mau makan berat? Gampang, tinggal melipir saja ke kawasan Asia Afrika. Di sana terdapat sebuah warung tenda yang terkenal akan aneka sajian makanan ringannya.

    Eits, meski mengusung embel-embel “Mc” di depan namanya, namun sama sekali nggak ada hubungannya sama restoran ayam goreng itu lho!

    McDurens
    McDurens

    Pecinta duren pasti bakal puas menikmati kunjungan ke McDuren, karena bisa ditebak kalau aneka olahan duren asli adalah menu andalannya. Pancake Duren-nya nggak kalah sama yang asli medan. Ketan Duren ala Thailand? Sus Duren ala Malaysia? Jarcake Duren? Ada juga. Bahkan Sop Duren yang creamy, dingin dan manis pun tersedia.

    Sebagai pencuci mulut, coba saja Ice Cappucinno Duren atau Milkshake Duren-nya yang rasanya bikin penasaran. Dijamin pulang, tidur langsung mimpi duren!

    Nggak suka duren? Rugi berat. Tapi di sini kamu tetap bisa mencoba menu lain, seperti Roti Bakar, Chocolate Ice Cream, Sosis Bakar, Mie Goreng dan banyak lagi.

    McDurens

    Alamat: Jl. Cikapundung Barat (Asia Afrika), Bandung
    Telepon: 0813 2097 5969
    Jam Operasional: 17.00 – tengah malam

    4. Sate legendaris Priangan: Sate Hadori

    Anda penggemar sate? Anda senang bepergian ke Bandung? Jika Anda termasuk salah satu atau keduanya, maka Anda wajib mendatangi tempat yang satu ini saat berada di Bandung.

    Sate Hadori, merupakan sate yang bisa dikatakan terkenal di seantero Bandung Raya. Hidangannya hanyalah sate biasa. Ada pilihan sate ayam, sate kambing, dan sate sapi. Namun, yang membuatnya terkenal adalah tempat ini sudah berdiri sejak 1952. Legendaris bukan?

    Sate legendaris Priangan: Sate Hadori
    Sate legendaris Priangan: Sate Hadori

    Bagi Anda penggemar berat sate, tempat ini layak untuk didatangi. Satenya dagingnya besar dan disajikan dengan bumbu terpisah. Ambil setusuk sate dan cocollah ke dalam saus kacangnya. Hmmm… nikmatnya sungguh tiada tara. Ditambah lagi dengan perasan jeruk nipis, acar, dan sambal kecap yang pastinya akan menambah kesegaran hidangan.

    Jika Anda merasa sate masih kurang memuaskan hasrat kuliner Anda, maka kami sarankan untuk memesan kambing guling. Dijamin, Anda pasti kenyang dan puas, bahkan tidak mau menambah lagi karena sudah tidak kuat menampung terlalu banyak makanan.

    Tempat ini tutup pukul 02.00 WIB setiap harinya, cocok bagi Anda yang tiba-tiba diserang kelaparan saat tengah malam

    Sate Hadori

    Alamat: Jl. Stasiun Timur No. 11-12, Stasiun Hall, Bandung
    Telepon: (022) 423 2312
    Jam Operasional: 10.00 – 03.00
    Harga: Mulai Rp50.000/porsi

    5. Rela antre demi perkedel: Perkedel Bondon

    Inilah perkedel yang mungkin bisa dibilang paling dicari dan paling tenar seantero Bandung.

    Bagi kita, perkedel hanyalah kudapan sampingan yang biasa mendampingi hidangan berkuah dan hangat seperti soto dan sup. Namun, Perkedel Bondon justru sebaliknya. Di sini, perkedel menjadi bintang utama dan yang lain hanyalah pendamping sampingannya.

    perkedel: Perkedel Bondon
    perkedel: Perkedel Bondon

    Saking terkenalnya, para pembelinya bahkan berbondong-bondong mengantre. Persiapkan diri Anda untuk datang lebih awal ya agar tidak terlalu lama mengantre. Hanya di sini, orang-orang rela antre panjang demi perkedel. Bahkan meski buka jam 11 malam, antrean sudah mengular dari jam 10-an! Luar biasa.

    Perkedel yang masih digoreng menggunakan arang ini disajikan bersama cocolan sambal ulek. Namun, jika kurang, maka Anda bisa menambahnya dengan nasi, sayur, dan lauk lainnya. Cicipi selagi hangat. Perkedelnya garing di luar dan lembut di dalam. Rasanya ingin memakannya lagi, lagi, dan lagi.

    Jadi, siap menemui sang perkedel legendaris ini?

    Perkedel Bondon

    Alamat: Jl. Kebon Jati No.42, Stasiun Hall, Bandung
    Telepon: (022) 426 6025
    Jam Operasional: 23.00 – 03.00
    Harga: Rp2.000/buah

    (i.t.c/I)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here