Patung Dewa Berukuran Raksasa di Kelenteng Kwan Sing Bio Tuban Roboh

0
387
Patung dewa Kong Co Kwan Sing Tee Koen di Kelenteng Kwan Sing Bio sebelum dan sesudah runtuh
Patung dewa Kong Co Kwan Sing Tee Koen di Kelenteng Kwan Sing Bio sebelum dan sesudah runtuh
Advertisement

Jakarta, ToeNTAS.com,- Patung Kong Co Kwan Sing Tee Koen berukuran raksasa di Kelenteng Kwan Sing Bio Tuban, roboh, Kamis (16/4/2020). Runtuhnya patung yang berada di kelenteng terbesar se-Asia Tenggara itu terjadi sekitar pukul 10.00 WIB. “Ada seperti suara angin, tiba-tiba langsung brughhh, seperti pesawat jatuh,” kata Endang (59), warga Kelurahan Latsari, Tuban, saat menceritakan bangunan patung Kong Co roboh.

Dijelaskan saksi lain, Jaman (55), saat itu memang tidak ada tanda apa-apa, patung dewa tiba-tiba saja runtuh. Meski demikian, material patung yang roboh tidak sampai menimpa permukiman warga sekitar.

“Patung runtuh di dalam kelenteng saja, tidak sampai menimpa rumah warga,” ujar Jaman yang tinggal di belakang kelenteng. Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono mengatakan, saat ini polisi sedang melakukan penyelidikan atas robohnya patung tersebut. Petugas juga telah memasang garis polisi di sekitar patung.

“Kita masih lidik, kita pasang garis polisi di lokasi,” ujar Ruruh didampingi Kasat Reskrim, AKP Yoan Septi Hendri. Perwira menengah itu menjelaskan, berdasarkan keterangan dari pengurus kelenteng, robohnya patung bisa jadi disebabkan angin dan cuaca panas hujan, sehingga material patung rontok.

“Kalau keterangan pengurus kelenteng bisa jadi disebabkan angin dan cuaca panas hujan. Tetapi masih kita lidik, tidak ada korban jiwa,” ujar dia. Patung tersebut diresmikan tahun 2017 oleh Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, dengan biaya pembuatan Rp 1,5 miliar. (kom.c/i)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here