Loloskan Pemudik, Jasa Travel Gelap Tawarkan Tarif Hingga Rp 500 Ribu Per Orang

0
179
Ilustrasi penyekatan kendaraan di masa larangan mudik.
Ilustrasi penyekatan kendaraan di masa larangan mudik.
Advertisement

Jakarta, ToeNTAS.com,- Penerapan kebijakan larangan mudik lebaran membuat layanan transportasi gelap muncul. Memanfaatkan situasi tersebut, mereka memberikan tarif mahal kepada calon penumpang yang ingin mudik ke kampung halaman.

Baru-baru ini Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengamankan sekitar 15 mobil travel, yang hendak mengantarkan pemudik ke sejumlah daerah di Jawa. Tarif angkutan transportasi tidak resmi itu mencapai Rp 500 ribu per orang.

“Tarifnya berkisar Rp 300 ribu sampai dengan Rp 500 ribu per orang,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, dikutip dari NTMC Polri, Sabtu (2/5/2020).

Lanjut Sambodo menjelaskan, jasa travel gelap tersebut menawarkan jasa angkut mudik melalui media sosial Facebook. Tujuan mudik yang ditawarkan antara lain Sumenep, Yogyakarta, Purwodadi, Brebes, dan beberapa daerah lain di Jateng.

“Penumpang dijemput di titik yang disepakati, misalkan di Pondok Labu, Palmerah, Tanjung Priok dan lainnya,” ungkap Sambodo.

Selanjutnya para penumpang diantar ke Tol Cikarang Barat untuk keluar dari Jakarta. Apesnya, di Tol Cikarang Barat mereka terkena razia petugas polisi.

“Kendaraannya diputar balik ke Jakarta, kemudian untuk pengemudi diperiksa,” lanjutnya.

Kelima belas travel ini disekat di Tol Cikarang Barat, Bekasi pada Jumat (1/5) malam. Total ada 113 penumpang dari 15 travel yang diamankan tersebut. (det.c/s)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here