Gerhana Matahari Terjadi Besok, BMKG: Jangan Lihat dengan Mata Telanjang!

Jam : 17:20 | oleh -194 Dilihat
Ilustrasi gerhana matahari cincin
Ilustrasi gerhana matahari cincin

Medan, ToeNTAS.com,- Gerhana matahari cincin sebagian akan terjadi dan terlihat di wilayah Sumatera Utara (Sumut) besok. BMKG mengimbau agar warga tak melihat gerhana dengan mata telanjang.

“Tips aman, jangan melihat langsung dengan mata telanjang. Tidak boleh juga melihat bayangan gerhana di air,” kata Kepala BMKG Stasiun Geofisika Kelas I Tuntungan Teguh Rahayu, Sabtu (20/6/2020).

Rahayu mengatakan gerhana matahari bisa dilihat menggunakan teropong yang menggunakan filter. Gerhana matahari juga bisa dilihat menggunakan kacamata khusus.

“Menggunakan teropong pun harus dipasang filter, bisa juga menggunakan kacamata khusus untuk melihat gerhana,” ujarnya.

Rahayu menjelaskan pihaknya akan melakukan pengamatan di kantor Stasiun Geofisika Deli Serdang. Warga yang datang diminta tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Lokasi pengamatan di halaman kantor Stasiun Geofisika Deli Serdang mulai pukul 12.00 WIB. Kalau mau datang, silakan, pengamatan sesuai protokol kesehatan COVID-19,” jelasnya.

Gerhana matahari cincin sebagian ini akan terlihat di seluruh wilayah Sumut. Gerhana di Sumut akan dimulai pada pukul 13.37 WIB, puncak gerhana terjadi pada pukul 14.48 WIB, dan gerhana akan berakhir pada pukul 15.48 WIB. (det.c/r)