Cerita Anies dan Ariza Pimpin Jakarta Saat Positif Corona

Jam : 06:36 | oleh -121 Dilihat
Anies Baswedan
Anies Baswedan

Jakarta, ToeNTAS.com,- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria terpapar virus Corona (COVID-19). Selama menjalani isolasi mandiri, keduanya tetap semangat memimpin kendali roda pemerintahan di Jakarta.

Dilansir dari detik.com, Awalnya Riza Patria atau yang akrab disapa Ariza ini mengabarkan dirinya positif COVID-19 pada Minggu (29/11/2020). Dia dinyatakan positif setelah menjalani tes swab pada Jumat (27/11/2020).

Beberapa hari setelah itu, Selasa (1/12), giliran Anies juga mengumumkan dirinya positif COVID-19. Sama seperti Riza Patria, Anies mengaku tak merasakan gejala mirip Corona.

Anies dan Riza kemudian menjalani isolasi mandiri. Keduanya pun tetap bekerja seperti biasa dan berbagi kisah kepada publik tentang aktivitasnya selama menjalani isolasi mandiri. Begini ceritanya:


Kisah Anies

Anies melakukan isolasi mandiri di rumah dinasnya usai dinyatakan positif Corona sambil melakukan live Instagram di akun media sosialnya. Dalam video tersebut Anies menyampaikan tetap menjalani tugas perkantoran secara virtual.

Pada video yang disiarkan secara langsung di akun Instagramnya @aniesbaswedan, Rabu (2/12/2020), Anies mengaku sedang melakukan isolasi mandiri di rumah dinasnya di kawasan Taman Suropati, Jakarta Pusat. Anies mengatakan sejak pagi setelah salat subuh langsung melakukan kegiatan olahraga di taman yang ada di rumah dinas tersebut.

“Selamat pagi sekali lagi, sekarang Rabu pagi sekitar jam 09.35 saya masih di rumah dinas, menjalani isolasi mandiri. Ini lagi mau live Ig sendiri pertama kali. Jadi nanti kalau ada salah-salah dimaklumi ya. Biasanya ada yang bantuin, sekarang harus mandiri semuanya, termasuk live ig juga dikerjakan sendiri,” ujar Anies.

“Pagi ini saya mulai dengan tadi pagi subuh setelah selesai sholat subuh, kemudian ke luar sebentar buka pintu, jendela, biar udara segar, terus mulai excercise, olahraga. Olahraga ringan, stretching, jogging sedikit, semuanya dikerjakan di arena taman yang ada di sini,” ungkapnya.

Anies mengatakan pagi ini ia juga berencana menghadiri rapat secara virtual yang disiarkan melalui video conference. Ia menegaskan tetap melaksanakan tugas pemerintah Pemprov DKI.

“Hari ini rencananya ada kegiatan vcon, jadi pagi ini sudah mulai urusan-urusan kantor tadi kita cek beberapa terus akan vcon nanti jam 10 soal pertanahan di jakarta. Nanti siang juga ada rapat jadi kegiatan terus jalan,” ujar Anies.

Pada kesempatan itu, Anies juga menunjukan pemandangan Taman Suropati jika dilihat dari lantai rumah dinas gubernur itu. Ia menyebut aktivitas Taman Suropati dapat dilihat secara langsung melalui balkon rumahnya.

“Di depan sana adalah Taman Suropati. Pagi-pagi tadi sudah banyak kegiatan di sana. Jadi kalau teman-teman lihat di Taman Suropati ini pagi-pagi banyak sekali yang berolah raga di sini. Mereka semua menikmati suasana tamannya yang asri, hijau. Banyak kegiatan apalagi kalau hari Sabtu atau Minggu atau Jumat sore banyak yang ada alat musik. Jadi taman yang hidup,” ungkapnya.

Ia mengatakan rumah dinas gubernur akan menjadi tempatnya melakukan isolasi mandiri hingga selesai. Anies berharap dia dapat segera pulih kembali.

“Ini lah lokasi tempat saya menjalani isolasi mandiri sampai selesai nanti. Belum tau kapan. mudah-mudahan bisa lebih cepet selesai, tuntas,” ujarnya.

Lebih lanjut, Anies juga menjelaskan kondisi rumah dinas gubernur tersebut. Ia mengatakan di daerah rumah dinas gubernur itu bertetangga dengan rumah Duta Besar India untuk Indonesia, kemudian Anies juga menceritakan sedikit sejarah rumah dinas gubernur.

“Bangunan ini, rumah dinas ini, kalau tidak salah dibangun tahun 1906. Jadi usianya sudah 114 tahun. Dan di sini ada masih pakai balkon model-model rumah lama ada balkonnya,” ujarnya.

Anies menegaskan kegiatan perkantorannya tetap dilaksanakan secara virtual. Ia mengajak warga untuk mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

“Terus kegiatan seperti saya bilang tadi kegiatan perkantoran jalan terus. Mudah-mudahan semua lancar. Saya ingin mengajak pada semuanya yuk kita terus tetap jaga kedisiplinan, jaga diri pakai masker terus,” ucap Anies.

“Selalu mencuci tangan rutin, dan menjaga jarak. Kerjakan itu dengan rutin InshaAllah terbebaskan dari potensi keterpaparan. Jadi mudah-mudahan teman-teman semua, dijauhkan dari keterpaparan dan terjauhkan dari keterjangkitan. Jangan terpapar, jangan terjangkit. Ini pesan Rabu pagi dari saya. Salam hangat untuk semuanya, terima kasih yang sudah ikut join,” ungkap Anies.

Kisah Ariza

Setali tiga uang dengan Anies, Ariza pun tetap bekerja meski isolasi mandiri di kediamannya.

Potret dirinya bekerja di rumah atau work form home (WFH) diabadikan dan diunggah di akun Instagram-nya.

“Saya terus bekerja seperti biasa, lokasinya saja yang berbeda, yaitu dari tempat isolasi di rumah,” tulis Ariza, dilihat detikcom di akun Instagram resmi miliknya, Rabu (2/12/2020).

Politisi Gerinda itu berterima kasih pada para pihak yang mendoakan kesembuhannya. Ariza mengaku merasa sehat dan tidak mengalami gejala COVID-19.

“Alhamdulillah berkat doa teman2, saya sehat, segar aman terkendali tanpa merasakan keluhan apapun,” tulis Ariza.

Ariza menyampaikan banyak konten positif yang beredar di internet. Ariza merasakan dampak positif dari konten-konten tersebut.

“Terima kasih untuk teman-teman yang mengupload banyak konten positif di internet. Saya adalah satu dari sekian orang yang merasakan manfaat konten-konten positif tersebut,” tulis Ariza.

Dalam foto tersebut, tampak Ariza mengenakan baju koko putih. Face shield dan masker putih menutupi wajahnya.

Ariza terlihat sedang menulis sesuatu. Tangannya dibalut sarung tangan. (wina)