Jangan Lupa! Daftar 9 Ruas Tol yang Tarifnya Naik Mulai Hari Ini

Jam : 10:17 | oleh -117 Dilihat
foto jalan tol
foto jalan tol

Jakarta, ToeNTAS.com,- Sembilan ruas tol tarifnya naik hari ini, 17 Januari 2021. Adapun delapan ruas tol di antaranya mengalami penyesuaian tarif, sedangkan sisanya adalah pengintegrasian tarif Tol Jakarta-Cikampek dan Jakarta Cikampek II Elevated alias Tol Layang.

Dilansir dari detik.com, “Kita juga sudah sepakat yang 8 ruas + 1 ini kita akan melakukan penyesuaian tarif bersamaan di tanggal 17 Januari pukul 00 WIB, itu sudah kita sepakati,” ujar Kepala Umum Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Mahbullah Nurdin dalam konferensi pers virtual, Kamis (14/1/2021).

Dari 9 jalan tol yang tarifnya disesuaikan ini, 7 di antaranya dimiliki dan dioperasikan oleh PT Jasa Marga dan anak-anak usahanya. Sementara 2 sisanya merupakan bagian dari PT Waskita Karya.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru menjelaskan, pada dasarnya, penyesuaian tarif yang dilakukan pihaknya merupakan penundaan karena Kepmen PUPR telah ditetapkan sejak tahun 2020.

“Namun, Jasa Marga belum melakukan penyesuaian tarif dengan pertimbangan kondisi pandemi COVID-19 yang masih berlangsung. Saat ini, dengan harapan pada penanganan pandemi COVID-19 melalui program vaksin, Jasa Marga akan melakukan penyesuaian tarif yang sebenarnya di beberapa ruas tol sudah tertunda berbulan-bulan lamanya,” ujar Heru dalam keterangannya.

Sementara itu, Direktur Utama Semesta Marga Raya, Supriyono mewakili anak usaha Waskita mengatakan kenaikan tarif ini dapat meningkatkan kualitas dan fasilitas pelayanan.

“Kenaikan tarif ini juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan fasilitas pelayanan,” kata Supriyono dalam keterangannya.

Berikut ini deretan jalan tol yang akan naik tarifnya per tanggal 17 Januari 2021:

1. Ruas Tol JORR I, Akses Tanjung Priok (ATP), dan Segmen Bintaro Viaduct-Pondok Ranji
2. Tol Cipularang
3. Tol Padaleunyi
4. Tol Palimanan-Kanci
5. Tol Semarang Seksi A, B, C
6. Tol Surabaya-Gempol
7 Tol Kanci-Pejagan
8 Tol Pejagan-Pemalang
9 Integrasi Tol Jakarta-Cikampek Layang (Firdauz)