Jokowi dan Prabowo Mesra di Bumi Cenderawasih

Jam : 06:57 | oleh -94 Dilihat
Foto: Instagram @prabowo
Foto: Instagram @prabowo

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto terus menampakkan keakrabannya. Kali ini keduanya tampil ‘mesra’ di Bumi Cenderawasih, Papua.

Presiden Jokowi dan Prabowo bertolak ke Papua demi melakukan sejumlah kegiatan. Dirangkum wartawan, Minggu (3/10/2021), salah satu kegiatan Jokowi dan Prabowo yakni meresmikan gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tahun 2021. Ada tujuh arena PON XX Papua yang diresmikan Jokowi, yang ditemani Prabowo.

Selain bersama Prabowo, Jokowi meresmikan arena PON bersama Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. Turut hadir pula Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Gubernur Papua Lukas Enembe, Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, dan Staf Khusus Presiden Billy Mambrasar.

Jokowi meminta agar arena-arena pertandingan yang telah dibangun untuk PON XX Papua Tahun 2021 terus dirawat dan dimanfaatkan dengan baik meski acara PON usai.

Jokowi juga mengingatkan jajarannya untuk benar-benar menjaga arena yang sudah diresmikan dan dibangun ini. Jokowi mengatakan tidak ingin fasilitas yang dibangun ini menjadi rusak dan tidak terawat.

“Setelah mampu membangun venue-venue yang baik ini, pekerjaan kita belum selesai. Tugas selanjutnya adalah menjaga, merawat, dan memanfaatkan venue ini dengan sebaik-baiknya,” ujar Jokowi berdasarkan keterangan pers yang disampaikan Biro Pers Sekretariat Presiden, Sabtu (2/10).

Selain meresmikan PON Papua, Jokowi dan Prabowo meresmikan Rumah Sakit Jenderal TNI LB Moerdani di Merauke, Papua. Jokowi berharap Rumah Sakit Jenderal TNI LB Moerdani bisa mempermudah pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Acara peresmian Rumah Sakit Jenderal TNI LB Moerdani disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (3/10/2021). Turut hadir dalam acara tersebut Ketua DPR Puan Maharani, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menhub Budi Karya Sumadi hingga Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

“Alhamdulillah pada sore hari ini pembangunan rumah sakit Jenderal TNI LB Moerdani sudah selesai dan siap dimanfaatkan untuk melayani masyarakat utamanya masyarakat di Kabupaten Merauke. Rumah sakit ini dibangun sangat cepat sekali, kurang lebih 20-an hari,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan rumah sakit ini awalnya dibangun untuk mempercepat penanganan COVID-19. Selain itu, rumah sakit juga bisa dimanfaatkan untuk mendukung pelaksanaan PON XX di Papua dan untuk melayani seluruh masyarakat Papua.

“Saya melihat rumah sakit ini memiliki fasilitas yang lengkap, ada ruang rawat inap, isolasi karantina laboratorium IGD, OK dan radiologi dan juga farmasi yang sangat dibutuhkan untuk membantu penanganan-penanganan masyarakat yang sakit, dengan pelayanan kesehatan yang cepat, dan mudah dan terjangkau,” ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan di masa pandemi ini, fasilitas kesehatan di semua negara sanga dibutuhkan. Fasilitas kesehatan terutama dibutuhkan bagi masyarakat di daerah yang sulit terjangkau.

“Saya berpesan agar rumah sakit ini dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk melayani seluruh masyarakat dengan pelayanan yang cepat dan nyaman,” ujar Jokowi.

Melengkapi keakraban yang telah dibangun, Prabowo Subianto mengunggah foto bersama Jokowi di Papua. Jokowi dan Prabowo saling hormat.

Foto Jokowi dan Prabowo saling hormat itu diunggah di akun Instagram @prabowo seperti dilihat Minggu (3/10/2021). Jokowi tampak mengenakan kemeja berwarna putih dan Prabowo memakai kemeja berwarna cokelat.

“Tanah Miring, Kabupaten Merauke,” tulis Prabowo. (Wina/det.c)