Amukan di Lapas Parigi Moutong Dipicu Sipir Pukul 5 Napi

Jam : 06:13 | oleh -94 Dilihat
ilustrasi
ilustrasi

Parigi Moutong – Amukan ratusan napi di Lapas Kelas III Parigi Moutong, Sulawesi Tengah (Sulteng) dipicu karena sipir memukul lima orang napi. Lima napi tersebut terjaring razia handphone di dalam lapas.

ami hanya minta keadilan, kalaupun ada kesalahan dari teman-teman napi, jangan langsung main pukul. Buktinya ada 5 orang napi dipukul atau dianiaya oleh petugas,” ungkap salah seorang napi di Lapas Kelas III Parigi Moutong kepada wartawan pada Kamis (7/10/2021) malam.

Menurut para napi, mereka membutuhkan pembinaan, bukan dianiaya karena kedapatan membuat kesalahan.

“Kami disini di dalam penjara butuh pembinaan, kami manusia bukan binatang untuk dipukul. Masih banyak hukuman lain selain dipukul, apalagi hanya disebabkan adanya HP,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Lapas Parigi Moutong, Muhammad Askari Utomo mengatakan bahwa tuntutan para napi untuk segera memproses pegawai atau sipir atas dugaan penganiayaan akan ditampung dan diteruskan ke pimpinan. Ia menyebutkan bahwa pihaknya kini fokus untuk menciptakan situasi di dalam Lapas tetap kondusif.

“Tuntutan napi kita dengarkan dan akan kami teruskan ke pimpinan. Fokus kami sampai detik ini, yang jelas situasi terkendali dan kondusif. Namun kami siap untuk diperiksa,” kata Kalapas Muhammad Askari Utomo. (Rifa/det.c)