Austria Lockdown Warga yang Belum Vaksin Covid Mulai Hari Ini

Jam : 06:43 | oleh -143 Dilihat
ilustrasi
ilustrasi

ToeNTAS.com,- Austria menerapkan lockdown bagi warga yang belum menerima vaksin Covid-19 mulai hari ini, Senin (15/11), sebagai upaya untuk menekan lonjakan infeksi corona.

“Situasi ini serius. Kami mengambil keputusan ini dengan sulit, tapi sayangnya ini penting,” ujar Kanselir Austria, Alexander Schallenberg, Minggu (14/11).

AFP melaporkan bahwa lockdown ini berlaku bagi semua orang berusia 12 tahun ke atas di negara itu yang belum divaksinasi atau tidak baru saja sembuh Covid-19.

Di bawah aturan lockdown ini, mereka dilarang meninggalkan rumah kecuali untuk urusan esensial, seperti membeli kebutuhan sehari-hari, berolahraga, atau memerlukan perawatan medis.

Pemerintah Austria akan mengerahkan tim untuk melakukan cek acak di berbagai lokasi selama 10 hari ke depan guna memastikan penerapan lockdown tersebut.

Menteri Kesehatan Austria, Wolfgang Mueckstein, pemerintah akan melakukan peninjauan ulang aturan lockdown ini setelah 10 hari.

Saat ini, baru 65 persen dari nyaris 9 juta populasi di Austria yang sudah divaksin. Angka ini lebih rendah ketimbang rata-rata vaksinasi di negara-negara Eropa yang mencapai 67 persen.

Sementara itu, saat ini tingkat penularan Covid-19 di Austria merupakan salah satu yang tertinggi di Eropa dengan rata-rata 815 infeksi per 100 ribu orang.

Secara keseluruhan, Austria sudah melaporkan 948 ribu kasus Covid-19 dengan 11.689 kematian sejak pandemi melanda tahun lalu.

Schallenberg dan Mueckstein pun kembali mendorong warga untuk segera melakukan vaksinasi. Austria juga akan memulai vaksinasi anak berusia 5-11 tahun mulai hari ini. (Miti/det.c)