Viral, Video Seorang Kakek Lempar Kertas ke Presiden Jokowi Saat Tinjau Lokasi Bencana di Gunung Semeru

Jam : 08:00 | oleh -83 Dilihat
Tangkapan layar dari video yang memperlihatkan kakek tua lempari Presiden Jokowi dengan gulungan kertas
Tangkapan layar dari video yang memperlihatkan kakek tua lempari Presiden Jokowi dengan gulungan kertas

ToeNTAS.com,- Video yang menunjukkan seorang kakek melempar gulungan kertas ke Presiden Joko Widodo saat berkunjung ke lokasi bencana Gunung Semeru, viral di media sosial. Video berdurasi 30 detik itu memperlihatkan seorang kakek tua berjalan mendekati mobil Jokowi yang dikawal pasukan pengamanan presiden atau Paspamres. Kebetulan, kaca mobil Jokowi terbuka ketika rombongan melintas.

Seketika, kakek tua yang mengenakan celana hitam, baju coklat dan kopiah hitam itu melempar gulungan kertas yang semula digenggam di belakang tubuhnya. Gulungan kertas itu mengenai Jokowi yang sedang duduk di dalam mobil. Jokowi terlihat kaget, lalu mengambil gulungan kertas itu.

Penjelasan warga Iqbal Zamzami, seorang warga di Kabupaten Lumajang membenarkan bahwa insiden kakek melempar gulungan kertas ke Presiden Jokowi terjadi di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Saat itu rombongan Presiden Jokowi sedang meninjau lokasi bencana Gunung Semeru. “Bahwa itu benar valid bahwa itu terjadi di Kabupaten Lumajang pada waktu Presiden Jokowi melakukan kunjungan pada masyarakat terdampak Semeru,” katanya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (9/12/2021).

Iqbal yang sedang bertugas sebagai relawan posko pengungsian korban awan panas Gunung Semeru di Kecamatan Candipuro mengetahui insiden itu dari media sosial. Namun, Iqbal mengaku sudah mengonfirmasi kejadian itu kepada sejumlah pihak. Iqbal tidak mengetahui maksud kakek tua itu melempar gulungan kertas ke Jokowi. “Apakah itu tujuannya menyampaikan surat, apakah itu surat kosong atau isinya apa kita belum tahu,” katanya.

Kunjungi lokasi bencana Pada Selasa (7/12/2021), Presiden Joko Widodo memang bertolak ke Lumajang, Jawa Timur untuk mengunjungi lokasi terdampak bencana letusan Gunung Semeru. Di antara lokasi terdampak yang dikunjungi Jokowi adalah lokasi Jembatan Gladak Perak. Jembatan yang menjadi akses utama penghubung Lumajang dan Malang itu putus akibat aliran awan panas.

Jokowi juga mengunjungi lokasi pengungsian untuk korban terdampak awan panas Gunung Semeru di lapangan Sumberwuluh. Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi meminta sejumlah hal segera dilakukan. Antara lain, pengerahan personel untuk evakuasi, pembenahan infrastruktur, penanganan pengungsi, hingga merencanakan relokasi. (k.c/Dandri)