Dialami Robby Purba, Ini 5 Fakta Kasus Tumor Payudara Pada Pria

0
168
Robby Purba
Robby Purba
Advertisement

Jakarta, ToeNTAS.com,- Presenter Robby Purba baru saja menjalani operasi pengangkatan tumor payudara. Kabar ini dibagikan oleh Robby Purba sendiri lewat unggahan di Instagram pribadinya pada Kamis (30/12/2021).

“Pria dengan tumor payudara. Bisakah? Alhamdulillah ternyata bisa. Lagian apa sih yang Allah nggak bisa. Nah Abang yang beruntung nih, kasus yang jarang terjadi kepada pria,” tulis Robby Purba.

Robby Purba mengaku sudah mulai merasakan gejala sejak 9 bulan lalu. Ia kerap merasa sakit di bagian dada tiap melakukan aktivitas seperti naik-turun tangga atau olahraga.

Kasus tumor payudara memang bisa juga terjadi pada pria, meski memang lebih langka dibanding pada wanita. Berikut 5 fakta tumor payudara pada pria seperti dikutip wartawan dari berbagai sumber:

1. Bisa disebabkan genetik
Tumor payudara pada pria bisa muncul karena berbagai faktor, salah satunya adalah genetik. Mayo Clinic menyebut gen bernama BRCA1 dan BRCA2 terutama yang bisa meningkatkan risiko munculnya tumor yang berpotensi jadi kanker.

Bila seorang pria memiliki riwayat keluarga dengan kasus kanker yang kuat, tidak ada salahnya berkonsultasi dengan ahli genetik.

Penyebab lain yang bisa meningkatkan risiko tumor atau kanker payudara pada pria adalah usia, obesitas, penyakit testis, penyakit hati, atau paparan terhadap hormon estrogen.

2. Hanya 1 persen dari total kasus kanker payudara
Tidak semua tumor payudara berkembang menjadi kanker. Pada tumor yang kemudian memang kanker, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) kasus pada pria hanya sekitar 1 persen dari total kasus kanker payudara.

3. Gaya hidup sehat jauhkan risiko
Untuk menurunkan risiko munculnya tumor yang bisa berujung kanker payudara, CDC menyarankan agar pria menerapkan gaya hidup sehat. Menjaga berat badan ideal dan rutin olahraga jadi kunci untuk menurunkan risiko.

4. Puting yang mengeluarkan cairan
Selain benjolan, tanda-tanda tumor payudara pada pria juga bisa muncul dalam bentuk puting yang mengeluarkan cairan. Waspadai juga tanda lainnya, seperti kulit kemerahan atau ada lekukan di sekitar payudara.

5. Terapi
Kasus tumor payudara pada pria ditangani dengan sama seperti tumor payudara pada wanita. Bila tumor memang mengancam maka tim medis bisa menyarankan kemoterapi, operasi, radioterapi, dan terapi hormon.
(d.c/Yora)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here