Menjelang Sahur, Truk dan Mobil Pribadi Padati Pelabuhan Merak

Jam : 04:36 | oleh -127 Dilihat
Menjelang Sahur, Truk dan Mobil Pribadi Padati Pelabuhan Merak
Menjelang Sahur, Truk dan Mobil Pribadi Padati Pelabuhan Merak

Cilegon, ToeNTAS.com,- Truk dan mobil pribadi memadati dermaga 5 Pelabuhan Merak, Banten. Arus kedatangan kendaraan ke Pelabuhan Merak semakin ramai menjelang sahur.
Pada H-9 Lebaran 2022, pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi tampak mulai melakukan perjalanan ke kampung halaman di Sumatera. Pemudik terlihat mudik lebih awal untuk dapat bertemu sanak saudara di kampung halamannya masing-masing.

Pantauan wartawan di Pelabuhan Merak, Minggu (24/4) pukul 00.25 WIB, beberapa kantong parkir dermaga baik dermaga 3, 4, dan 5 mulai dipadati kendaraan. Truk logistik mendominasi antrean kendaraan yang hendak masuk ke kapal.

Tak hanya di dermaga, antrean juga tampak di gebang tiket masuk ke pelabuhan. 9 dari 10 gerbang tiket dipenuhi kendaraan besar seperti truk 3 sumbu ke atas, sementara loket tiket ke 10 tampat dikhususkan untuk kendaraan pribadi yang hendak masuk ke dermaga reguler.

Pantauan di jalur arteri, kendaraan yang hendak menuju Jakarta via gerbang tol Merak dialihkan melalui Cikuasa Bawah. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kepadatan di jalur Cikuasa Atas. Jika terjadi kepadatan, polisi memberlakukan sistem buka tutup di jalur Cikuasa Atas seperti yang sudah diterapkan 2 hari belakangan.

Data pengelola Pelabuhan Merak mencatat terjadi lonjakan penumpang di Pelabuhan Merak sejak 2 hari lalu. Data terakhir pada Sabtu (23/4) pukul 08.00-20.00 WIB, penumpang pejalan kaki tercatat sebanyak 1.144 orang dan penumpang dalam kendaraan sebanyak 20. 716 orang.

Jika melihat data tersebut, penumpang kendaraan pribadi maupun bus mulai melakukan perjalanan mudik lebih awal. Hasil catatan pengelola pelabuhan, sepeda motor yang menyeberang ke Sumatera tercatat 373 unit, mobil pribadi 2.380 unit, bus 180 unit, dan truk 2.131 unit. (det/Robi)