Gerindra Minta Buruh Maklum Tak Dapat Izin Gunakan JIS untuk May Day

Jam : 09:17 | oleh -199 Dilihat
Jakarta International Stadium
Jakarta International Stadium

Jakarta, ToeNTAS.com,- Buruh tidak mendapat izin untuk menggelar peringatan Hari Buruh atau May Day di Jakarta International Stadium (JIS). Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Gerindra, Rani Mauliani, meminta buruh memaklumi itu.

“Buat teman-teman para buruh yang saya hormati, kiranya dapat memaklumi perihal izin di JIS,” ujar Rani saat dihubungi, Minggu (1/5/2022).

Rani mengatakan JIS masih dalam proses pembangunan sehingga harus dijaga. Menurutnya, izin untuk digunakan ibadah massal saja masih diatur ketat.

“Kiranya kita sama-sama saling menjaga stadion kebanggaan kita semua ini masih dalam proses pembangunannya. Untuk digunakan ibadah massal saja masih sangat diatur dengan sedemikian, demi menghindari atau meminimalkan hal-hal yang tidak diharapkan,” tuturnya.

Lebih lanjut Rani meminta buruh merayakan May Day di lokasi lain. Jika JIS sudah sepenuhnya siap, buruh atau siapa pun bisa menggunakannya.

“Kiranya setiap perjuangan atau perayaan bisa dialokasikan ke tempat lain. Semoga ke depannya, ketika JIS sudah maksimal pembangunannya, teman-teman buruh atau siapa saja bisa berkegiatan di sana, seperti GBK nantinya,” kata Rani.

Rani turut mendoakan para buruh. Dia mengucapkan selamat Hari Buruh kepada para pekerja tangguh.

“Semoga di dalam suasana yang fitrah ini, di Hari Raya Idul Fitri, teman-teman kaum buruh selalu dalam lindungan-Nya, diberi kesehatan, kesuksesan, keberkahan dan kebahagiaan bersama keluarga. Setiap hasil kerja tentu harus mendapat apresiasi yang sesuai serta layak. Selamat Hari Buruh bagi para pekerja tangguh,” imbuhnya.

Sebelumnya, Partai Buruh mengaku bakal menggelar peringatan Hari Buruh atau May Day di Istora Senayan. Peringatan Hari Buruh digelar di Istora setelah tak mendapat izin penggunaan Jakarta International Stadium (JIS).

Hal itu disampaikan Presiden Partai Buruh Said Iqbal. Dia mengatakan peringatan Hari Buruh bakal diawali dengan demo di depan DPR, lalu May Day Fiesta di Istora.

“Terakhir 14 Mei 2022, 100 ribu buruh akan datang ke Jakarta, yaitu demonstrasi di depan gedung DPR dan dilanjutkan May Day Fiesta di Istora Senayan,” kata Said Iqbal di depan KPU RI, Minggu (1/5).

Iqbal mengatakan May Day Fiesta dilakukan di Istora meski harus sampai ke luar gedung. Dia mengatakan Istora dipilih setelah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tak memberi izin penggunaan Jakarta International Stadium.

“Jadi sampai ke luar-luar dengan terpaksa karena Gubernur Anies sampai hari ini tidak memberikan kepastian izin boleh atau tidak menggunakan JIS,” katanya. (det/Risa)