Salat Id di Yogyakarta, Presiden Tidak Gelar Open House

Jam : 09:12 | oleh -177 Dilihat
Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo

Jakarta, ToeNTAS.com,-  Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan keluarga melaksanakan Salat Idulfitri (Id) di halaman Istana Kepresidenan Yogyakarta, Senin, 2 Mei 2022. Pelaksanaan salat diikuti keluarga Presiden dan masyarakat umum.

Masyarakat yang menantikan salat bersama Presiden sudah menunggu sejak pukul 05.00 WIB. Namun, mereka baru diperbolehkan masuk sekitar pukul 07.00 WIB. Sebab, pelaksanaan Salat Id awalnya terbatas untuk keluarga.

Selepas Salat Id, Kepala Negara dan keluarga tidak menggelar open house dan menerima tamu. Hal ini sesuai anjuran pemerintah.

Salat Id di Istana Kepresidenan Yogyakarta dipimpin Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Masmin Afif. “Saya diminta siap untuk besok (jadi imam dan khatib salat id di Gedung Agung Yogyakarta),” kata Masmin dihubungi, Minggu, 1 Mei 2022.

Dia mengatakan pihak protokoler Istana Kepresidenan Yogyakarta telah berkomunikasi langsung dengannya pada Sabtu, 30 April 2022. Dia siap untuk menjalankan tugas dan fungsi itu.

Dia mengatakan tema khotbah pada Salat Id tahun ini, yaitu ‘Solidaritas Sosial di masa Pandemi’. Masmin menyatakan tema itu relevan dengan konteks Idulfitri yang dirayakan pada tahun ketiga pandemi covid-19. (Heri)