Lebaran Hari Kedua, Berikut Titik-titik Macet Kawasan Puncak Pagi Ini

Jam : 12:06 | oleh -375 Dilihat
Macet kawasan Puncak, Selasa (3/5/2022).
Macet kawasan Puncak, Selasa (3/5/2022).

Bogor, ToeNTAS.com,- Pihak kepolisian memberlakukan rekayasa lalu lintas (lalin) satu arah atau one way menuju kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat. Sejumlah titik di kawasan Puncak mulai macet pagi ini.

Pantau wartawan di kawasan Puncak, Selasa (3/5/2022), sekitar pukul 09.05 WIB, lalin arah menuju Puncak sudah terjadi kemacetan di Simpang Gadog. Kepadatan kembali terjadi di sekitar PLN Cipayung dan rumah makan Sari Alam.

Arus lalin di kawasan Puncak one way, arus mobil sudah empat jalur naik, sementara satu jalur untuk motor turun lajur paling kanan. Rekayasa lalin ganjil-genap sempat dilakukan, tapi akhirnya diberlakukan one way menuju Puncak.

Kemacetan kembali terjadi hingga Cimory Dairyland, setelah kawasan itu arus lalin kembali lancar. Terlihat pengunjung Cimory Dairyland dan Cimory Riverside ditutup, tak ada yang dapat masuk.

Berdasarkan aplikasi Google Maps, lalin kendaraan kawasan Puncak nampak warna merah dan oranye di sejumlah titik. Warna oranye menandakan kendaraan memelankan kendarannya, semakin merah menandakan kendaraan semakin memelankan kendaraannya.

Penjelasan Polisi
Satlantas Polres Bogor menjelaskan lalin arah Jakarta menuju Puncak mengalami peningkatan. Rekayasa lalin kemudian diubah menjadi one way.

“Kita mulai berlakukan one way arah Jakarta, ini untuk mendorong kendaraan dari arah Jakarta menuju Puncak, jadi sekarang berlaku one way arah Puncak,” kata Kanit Turjawali Polres Bogor Ipda Ardian Novian, Selasa (3/5).

Ardian menyebut lalin menuju kawasan Puncak mulai padat hari ini karena aktivitas wisatawan menuju lokasi-lokasi wisata di Puncak sudah dimulai.

Sistem ganjil-genap, kata Ardian, sempat diberlakukan tadi pagi untuk memecah arus kendaraan menuju Puncak. Namun kemudian, arus kendaraan dari arah Tol Jagorawi menuju Puncak mengalami kepadatan.

“Iya tadi sempat berlaku ganjil-genap, tapi tidak lama karena terjadi kepadatan untuk kendaraan yang dari Jakarta via Tol Jagorawi,” kata Ardian.

Imbauan Jokowi Agar Pemudik Balik Duluan Demi Tak Macet di Jalan
Menurutnya, lalu lintas di kawasan Puncak diprediksi akan mulai meningkat hari ini. Sebab, aktivitas masyarakat yang ingin berwisata sudah dimulai.

“Untuk hari ini diprediksi ada peningkatan ya, arus kendaraan. Karena momen Lebaran, momen bersilaturahmi sudah kemarin, hari ini sepertinya mereka mulai berwisata,” kata Ardian. (det/Aryo)