Ridwan Kamil Bocorkan Update Pembangunan 9 Tol Baru di Jabar, Termasuk Bocimi, Desari dan Getaci

Jam : 10:29 | oleh -141 Dilihat
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Jakarta, ToeNTAS.com,- Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengungkap update atau kabar terbaru terkait pembangunan sembilan jalan tol baru di kawasan Tanah Pasundan.

Jalan tol baru di Jabar ini yaitu, Tol Cisumdawu, Getaci, Bocimi, Jakarta – Cikampek (Japek) 2 Selatan, Desari, Cimaci, Cibitung – Cilincing, Cijago, dan Akses Pelabuhan Patimban.

Dari sembilan jalan tol baru yang dibangun di Jabar tersebutRidwan Kamil menyebut ada yang sudah beroperasi, dalam tahap pengerjaan, dan baru proses lelang investor.

Kabar terbaru seputar progres pembangunan sembilan jalan tol baru di Jabar disampaikan Ridwan Kamil melalui unggahan di akun Twitter pribadinya pada 7 Mei 2022.

Berikut update pembangunan sembilan jalan tol baru di Jabar guna mempercepat waktu tempuh perjalanan masyarakat ke beberapa kota tujuan di dalam hingga luar provinsi:

  1. Tol Cisumdawu (Cileunyi – Sumedang – Dawuan)

Jalan Tol Cisumdawu miliki total panjang lintasan 62 kilometer menghubungkan Cileunyi – Sumedang – Dawuan (Majalengka). Tol Cisumdawu Seksi 1 (Cileunyi – Pamulihan) sudah dioperasikan mulai Januari 2022 lalu.

Meski masih butuh penyempurnaan fasilitas, Tol Cisumdawu Seksi 2 dan 3 menjadi jalur fungsional mudik Lebaran 2022 yang bisa dilalui kendaraan pada siang hari dan tidak hujan. Rencananya, pada Juni 2022 seluruh fasilitas penunjang Tol Cisumdawu selesai dilengkapi.

2. Tol Bocimi (Bogor – Ciawi – Sukabumi)

Jalan Tol Bocimi miliki total panjang lintasan 54 kilometer menghubungkan Bogor – Ciawi – Sukabumi. Tol Bocimi Seksi 1 (Ciawi – Cigombong) sudah beroperasi sejak Desember 2018.

Masih ada tiga seksi Tol Bocimi yang dikerjakan dan ditargetkan selesai pada 2024. Yakni Seksi 2 (Cigombong – Cibadak), Seksi 3 (Cibadak – Sukabumi Barat), dan Seksi 4 (Sukabumi Barat – Sukabumi Timur).


3. Tol Jakarta – Cikampek (Japek) II Selatan

Jalan Tol Jakarta – Cikampek (Japek) II Selatan terbagi menjadi 3 seksi dengan total panjang mencapai 64 kilometer. Seksi 1 Jatiasih – Setu, Seksi 2 Setu – Taman Mekar, dan Seksi 3 Taman Mekar – Sadang.

Jalan Tol Japek II Selatan Seksi 3 lebih dulu dikerjakan dan dijadikan jalur fungsional mudik Lebaran 2022 meski sejumlah fasilitas penunjang belum maksimal. Sedangkan Seksi 1 dan 2 masih dalam proses perencanaan teknis. Rencananya proyek jalan tol ini akan rampung keseluruhan pada 2025.

4. Tol Desari (Depok – Antasari)

Jalan Tol Desari menghubungkan wilayah Depok – Antasari (Jakarta Selatan) sepanjang 28 kilometer. Jalan tol ini terbagi menjadi 3 seksi. Seksi 1 Antasari – Brigif, Seksi 2 Brigif – Sawangan, Seksi 3 Sawangan – Bojonggede (Bogor).

Tol Desari Seksi 1 sudah beroperasi sejak September 2018, sedangkan Seksi 2 pada Juli 2020. Pengerjaan seksi 3 ditargetkan rampung pada 2024.

 Tol Cimaci (Cimanggis – Cibitung)

Jalan Tol Cimaci penghubung Cimanggis (Depok) – Cibitung (Bekasi) memiliki panjang total 26 kilometer. Dibangun dalam 2 seksi yakni Seksi 1 Junction Cimanggis – On/off Ramp Jatikarya sudah beroperasi sejak November 2020.

Sedangkan Seksi 2 On/off Ramp Jatikarya – Junction Cibitung masih proses pengerjaan dan ditargetkan selesai pada 2023.

6. Tol Cibitung – Cilincing

Jalan Tol Cibitung – Cilincing merupakan bagian dari Jaringan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta / Outer Ring Road (JORR) 2. Jalan tol yang melintas di wilayah Bekasi dan Jakarta ini terbagi menjadi 4 seksi. Seksi 1 SS Cibitung – Telaga Asih sudah beroperasi pada Juli 2021.

Sedangkan, Seksi 2 Telaga Asih – Muara Bakti, Seksi 3 Muara Bakti – Kanal Banjir Timur, dan Seksi 4 Kanal Banjir Timur – Cilincing masih proses pengerjaan ditargetkan akan selesai pada tahun ini.

7. Tol Cijago (Cinere – Jagorawi)

Jalan Tol Cijago penghubung wilayah Cinere – Jagorawi ini miliki panjang total 15 kilometer dan terbagi menjadi 3 seksi.

Seksi 1 Jagorawi – Raya Bogor sudah beroperasi sejak 2012, Seksi 2 Raya Bogor – Kukusan juga sudah beroperasi sejak 2019. Sedangkan, Seksi 3 Kukusan – Cinere masih pengerjaan ditargetkan selesai Mei 2022.

8. Tol Getaci (Gedebage – Tasikmalaya – Cilacap)

Jalan tol penghubung Jabar dan Jateng ini miliki panjang total 207 kilometer dan diklaim sebagai ruas jalan tol terpanjang di Indonesia.

Tol Getaci terdiri dari 4 seksi, yakni Seksi 1 Junction Gedebage – Garut Utara, Seksi 2 Garut Utara – Tasikmalaya, Seksi 3 Tasikmalaya – Patimuan, dan Seksi 4 Patimuan – Cilacap.

Pembangunan jalan tol dengan nilai investasi Rp56 triliun ini dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama Gedebage – Tasikmalaya rencananya akan mulai dibangun tahun ini dan selesai di tahun 2024. Sementara untuk tahap kedua, yakni Tasikmalaya – Cilacap dimulai pada 2027 dan selesai di 2029.

9. Tol Akses Pelabuhan Patimban

 Jalan tol akses menuju Pelabuhan Patimban (Subang) sepanjang 37 kilometer masih dalam proses lelang investor, jika lancar makan direncanakan akan mulai dibangun tahun ini dan ditargetkan beroperasi pada 2023.

Akses jalan tol ini nantinya akan tersambung dengan Tol Cipali (Cikopo-Palimanan). Dengan dibangunnya jalan tol ini, diharapkan bisa memperlancar pengiriman barang via Pelabuhan Patimban.

Akses jalan tol ini diharapkan mampu memudahkan pabrik yang ada di sekitar Cikarang, Karawang hingga Subang mengekspor produknya tanpa harus melalui Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. (pik-rak/Aisyah)