Bawa 43 Penumpang, KM Ladang Pertiwi Tenggelam di Selat Makassar

Jam : 17:57 | oleh -401 Dilihat
ilustrasi kapal tenggelam
ilustrasi kapal tenggelam

Jakarta, ToeNTAS.com,- Sebuah Kapal Motor (KM) Ladang Pertiwi tenggelam di sekitar 108 Nautical Mile (NM) di Selat Makassar. KM tujuan Kepulauan Liukang Kalmas, Kabupaten Pangkep itu membawa 43 penumpang.

KM Ladang Pertiwi dilaporkan hilang pada malam hari setelah berangkat dari Pelabuhan Paotere pukul 17.00 Wita, Jumat (27/5) kemarin. Pada malam itu, pihak Basarnas Makassar meminta tolong kepada kapal-kapal yang lewat untuk membantu KM Ladang Pertiwi sebab tidak ada informasi akurat mengenai keberadaan KM tersebut.

“Malam itu sudah masuk infonya tapi belum ada yang bisa konfirmasi apakah kapal itu terbalik atau bagaimana, cuma masih hilang kontak, jadi kami (Basarnas) cuma menginformasikan ke kapal-kapal yang melintasi di situ untuk memberikan pertolongan,” kata Kepala Siaga Basarnas Makassar Ardiansyah, dikutip wartawan, Sabtu (28/5/2022).

KM Ladang Pertiwi mengalami mati mesin akibat dihantam badai sekitar 10 NM dari titik pemantauan kapal. Setelah itu, kapal terbalik.

Hingga saat ini baru ada 17 penumpang yang telah dievakuasi. Petugas Basarnas masih melakukan pencarian pada 26 korban lainnya, termasuk tiga awak kapal yang belum ditemukan. Basarnas juga belum bisa memastikan kemungkinan jatuhnya korban jiwa.

“Kemungkinan korban jiwa kami belum bisa kasih statement terkait itu karena tim kami (Basarnas) masih pencarian sampai sekarang,” ucapnya. (det/Ananda)