Puting Beliung di Puncak Bogor, 67 Rumah Rusak Disapu Angin

Jam : 07:05 | oleh -159 Dilihat
salah satu rumah rusak akibat puting beliung
salah satu rumah rusak akibat puting beliung

Bogor, ToeNTAS.com,- Bencana puting beliung menerjang kawasan Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor kemarin. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun sebanyak 67 bangunan rumah mengalami rusak disapu angin.

“Iya betul kejadian tadi siang (kemarin), di Desa Batulayang Kampung Batu Kasur. Ada total 67 bangunan yang rusak karena bencana puting beliung,” Kepala Desa Batulayang Muhamad Iwan Setiawan dikonfirmasi, Senin (6/6/2022).

Iwan mengatakan, peristiwa angin puting beliung terjadi pada Senin (6/6) siang sekitar pukul 14.15 WIB. Bencana angin kencang itu terjadi sebelum hujan. Dari 67 rumah yang rusak, kata Iwan, sebanyak 22 rumah mengalami rusak berat.

“Rata-rata kerusakan di bagian atap ya, jadi atap rumahnya terangkat oleh angin. Selain rumah, ada musala dan ruang belajar anak-anak yang rusak. Tapi Alhamdulillah tidak ada korban baik jiwa maupun luka-luka,” terang Iwan.

Saat ini, proses penanganan pasca bencana masih dilakukan. Warga yang rumahnya mengalami kerusakan parah, untuk sementara diungsikan ke rumah-rumah tetangga dan kerabatnya. Sedangkan rumah yang mengalami kerusakan ringan ditutupi terpal agar bisa ditempati sementara sebelum diperbaiki.

“Kita sudah lakukan pendataan, sementara untuk warga yang rumahnya rusak parah kita ungsikan dulu ke rumah tetangga. Kemudian untuk yang rusak ringan, tadi ada bantuan terpal dari BPBD Kabupaten Bogor, nah itu sementara dipakai untuk menutupi atap yang bolong. Perbaikan secara menyeluruh diupayakan besok dilaksanakan,” tutup Iwan. (det/Dodi)