Plat RFH Punya Siapa? Ini Penjelasan Plat RF yang Digunakan Pemukul Adik Verlita Evelyn

Jam : 07:12 | oleh -156 Dilihat
Pengemudi Pelat RFH aniaya anak Politisi PDIP di tol.
Pengemudi Pelat RFH aniaya anak Politisi PDIP di tol.

Jakarta, ToeNTAS.com,- Viral di media sosial anak anggota DPR jadi korban pemukulan di Tol Dalam Kota Gatot Subroto (Gatsu). Dikabarkan pemukulan dilakukan pengemudi mobil berpelat RFH. Lantas, mobil plat RFH punya siapa? Berikut ini penjelasanya.

Diketahui, insiden pmukulan terjadi sekitar pukul 12.40 WIB pada Sabtu (4/6/2022). Korban pemukulan dikabarkan bernama Justin Frederick yang merupakan anak anggota DPR dan adik seorang artis bernama Verlita Evelyn. Sang ibu mengaku kaget usai mendengar anaknya anaknya menjadi korban pemukulan.

Sang ibu juga menyampaikan terima kasih kepada  pengendara lain yang sudah memvideokan dan menyebarkan video insiden pemukulan tersebut di media sosial sehingga menjadi viral. Video tersebut bisa dijadikan bukti di kepolisian.

Atas insiden pemukulan tersebut, Justin sebagai korban pun langsung melaporkan pelaku yang mengendarai mobil plat RFH ke Polda Metro Jaya. Kombes Pol Endra Zulpan selaku Kabid Humas Polda Metro Jaya membenarkan insiden pemukulan yang terjadi di Tol Dalam Kota Gatsu pada Sabtu (4/6/2022) sekitar 12.40 WIB.

Dalam laporannya tersebut, korban Justin juga turut menyerahkan barang bukti rekaman video insiden pemukulan yang dilakukan mobil berplat RFH kepadanya. Jadi, apa itu plat RFH? Sebenarnya mobil plat RFH punya siapa?

Hingga saat ini, belum diketahui secara pasti identitas pemilik mobil berplat RFH tersebut. Dalam video yang beredar, terlihat dua pria yang melakukan pemukulan yang mana satu pria mengenakan batik dan yang satunya lagi mengenakan jas warna merah.

Mobil Plat RFH Punya Siapa

Mengutip dari sejumlah sumber, apa itu plat RFH? Plat RFH adalah jenis plat mobil yang digunakan khusus oleh pejabat negara eselon II atau setingkat Direktur kementerian. Adapun RFH ini singkatan dari Reformasi Hukum, yang mana kendaraan ini digunakan oleh petinggi departemen pertahanan serta keamanan.

Diketahui juga bahwa plat nomor RFH ini adalah varian dari plat nomor RF yang memang mempunyai beragam varian sesuai instansinya.  Pelat kode RF ini menandakan instansi tertentu, yang mana artinya bahwa kendaraan tersebut punya pejabat di badan atau instansi tertentu.

Kode RF ini umumnya diikuti tambahan satu huruf di belakangnya, yang mana total hurufnya jadi 3 digit pada Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) khusus tersebut. Untuk lebih jelasnya, berikut varian dari plat nopol RF:

• RFS yang merupakan singkatan dari Reformasi Sekretariat Negara. Umumnya, kode ini untuk mobil pejabat sipil negara, khususnya pejabat negara eselon I atau setara Direktur Jenderal di kementerian

• RFO, RFH, dan RFQ merupakan kode kendaraan untuk pejabat negara eselon II atau setara Direktur di kementerian).

• RFP memiliki kepanjangan Reformasi Polisi. Kode ini untuk pejabat setingkat POLRI.

• RFD memiliki kepanjangan Reformasi Darat, yang mana kendaraan dengan kode ini khusus untuk pejabat TNI AD (Angkatan Darat).

• RFL memiliki kepanjangan Reformasi Laut, yang mana kendaraan dengan kode ini khusus untuk pejabat TNI AL (Angkatan Laut).

• RFU memiliki kepanjangan Reformasi Udara, yang mana kendaraan dengan kode ini khusus untuk pejabat TNI AU (Angkatan Udara).

Demikian informasi mengenai plat RFH punya siapa. Jika dilihat dari daftar plat nopol di atas, apakah pelaku dalam insiden pemukulan anak anggota DPR di Tol Dalam Kota Gatsu adalah dua orang pejabat negara? Mari kita tunggu informasi selanjutnya dari kepolisian.