Bakal Beroperasi, Stasiun Matraman Dinilai Bisa Urai Kepadatan di Manggarai

Jam : 07:10 | oleh -148 Dilihat
ilustrasi
ilustrasi

Jakarta, ToeNTAS.com,-  Pengamat transportasi menilai Stasiun Matraman bisa jadi salah satu solusi kepadatan di Stasiun Mangarai. Stasiun Matraman dianggap menjadi lokasi strategis di mana banyak pegawai berasal dari Bekasi atau Tangerang.

“Jelas nanti akan mengurangi orang untuk turun di Manggarai. Mereka bekerja di sepanjang Matraman. Kalau dari Bekasi bakal turun di Matraman. Demikian juga bagi yang kereta dari Tangerang, setelah transit di Tanah Abang,” kata pengamat transportasi dari Universitas Katolik Soegijapranata, Djoko Setijowarno, saat dihubungi, Minggu (12/6/2022).

Lokasi Stasiun Matraman pun dinilai strategis. Disebut, lokasi itu dekat dengan jalan utama, Jl Matraman Raya, dan transportasi umum TransJakarta.

“Aksesnya mudah. Dari stasiun ke jalan tidak sampai 50 meter. Orang-orang kantor di situ, naik turun (KRL) nggak usah ke Manggarai,” ujarnya.

Djoko tidak memiliki hitung-hitungan kepadatan di Manggarai akan turun berapa persen. Namun, disebut bahwa masyarakat menyambut baik Stasiun Matraman beroperasi.

“Nggak ada datanya. Kemarin wawancara warga. Mereka bilang, ‘Senang karena nggak usah turun di Manggarai. Ojek bayar 15 ribu, jadi lebih hemat,’” kata Djoko.

Stasiun Matraman Bakal Beroperasi
KAI Commuter bakal mengoperasikan Stasiun Matraman untuk mengurai penumpukan penumpang imbas penerapan switch over (SO) ke-5 di Stasiun Manggarai. Stasiun Matraman diharapkan dapat menjadi stasiun alternatif pilihan warga.

“Dalam waktu dekat ini, KAI Commuter bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dan PT KAI Daop 1 akan mengoperasikan Stasiun Matraman yang berada di antara lintas Stasiun Manggarai dan Stasiun Jatinegara,” kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam keterangannya, Minggu (12/6/2022).

“Stasiun ini diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif bagi pengguna untuk naik dan turun selain di kedua stasiun tersebut, serta pengguna yang ada di sekitar wilayah stasiun tersebut,” sambungnya.

Anne memastikan Stasiun Matraman memiliki banyak fasilitas yang bisa digunakan penumpang. Fasilitas itu, di antaranya musala, ruang pelayanan, CCTV keamanan, hingga sistem alarm kebakaran.

“Stasiun Matraman ini memiliki fasilitas pelayanan pengguna, seperti loket, ruang pelayanan barang tertinggal, ruang laktasi, pos kesehatan, toilet, musala, fasilitas untuk pengguna disabilitas, lift dan eskalator, serta area parkir. Untuk keamanan dan keselamatan stasiun ini juga dilengkapi juga dengan CCTV, alat pemadam kebakaran (APAR), sistem alarm kebakaran, serta penangkal petir,” tuturnya. (det/Imam)