Muhammadiyah Idul Adha Hari Ini, Begini Suasana Salat Id di JIEP Jaktim

Jam : 09:32 | oleh -206 Dilihat
Suasana shalat Idul Adha
Suasana shalat Idul Adha

Jakarta, ToeNTAS.com,- Muhammadiyah menetapkan 10 Zulhijah 1443 Hijriah atau Hari Idul Adha jatuh pada hari ini, 9 Juli 2022. Pagi ini, salat Idul Adha perdana sejak pandemi COVID-19 digelar di Jakarta International Equestrian Park (JIEP), Jakarta Timur (Jaktim).

Pantauan wartawan di lokasi pukul 06.30 WIB, Sabtu (9/7/2022), terlihat masyarakat mulai memenuhi area halaman JIEP. Mereka tampak membawa perlengkapan salat sendiri.

Hingga kini, masyarakat pejalan kaki ataupun yang membawa kendaraan bermotor masih terlihat berdatangan ke JIEP.

Selain itu, terlihat Sekretaris Umum (Sekum) PP Muhammadiyah, Abdul Mu’ti, yang akan menjadi khatib sudah hadir di lokasi. Sementara itu, salat akan dipimpin eks Menko Kesra Alwi Syihab.

Hingga kini masih banyak orang yang masih berdatangan ke JIEP. Sebagian dari mereka terlihat sempat kesulitan mencari tempat untuk salat karena lokasi yang sudah penuh.

Ketua Ranting Muhammadiyah Kayu Putih Zafrullah Salim mengatakan salat Idul Adha hari ini perdana dilakukan pasca-pandemi COVID-19.

“Ini perdana, karena dua tahun lalu kan pandemi. Tapi kemarin salat Idul Fitri juga digelar di sini,” kata Zafrullah di lokasi, Sabtu (9/7/2022).

Zafrullah menuturkan diperkirakan sebanyak 5.000 orang akan memenuhi JIEP hari ini untuk melaksanakan salat Idul Adha.

“Daya tampung sekitar 5.000, jadi nanti yang datang insyaallah sekitar segitu,” kata dia.

Zafrullah mengatakan rencananya salat akan digelar pada pukul 07.00 WIB. Dilanjutkan dengan pemotongan hewan kurban di Masjid Ar Rahim.

“Dilaksanakan jam 07.00 WIB, nanti setelah salat dilanjut dengan pemotongan hewan kurban di Masjid Ar Rahim,” pungkasnya. (d.c/Dita)