Herjuno Reza Fadliansyah, Dalang Milenial dan Duta Budaya Internasional Cucu Rektor UNINDRA

Jam : 22:38 | oleh -200 Dilihat
Herjuno Reza Fadliansyah cucu Rektor UNINDRA Prof DR H. Sumaryoto
Herjuno Reza Fadliansyah cucu Rektor UNINDRA Prof DR H. Sumaryoto

JAKARTA, ToeNTAS.com.,- Memainkan wayang kulit bukan pekerjaan mudah. Selain faktor keseimbangan juga gerak langkah menyatu dengan iringan.

Namun bagi Herjuno Reza Fadliansyah (yang akrab disapa Prama-red) hal seperti itu sudah bukan hal sulit. Hal ini lantaran totalisanya dalam belajar olahraga sabet. Mulai dari jeblosan, dugangan hingga koprol, salto atau jungkir balik.

Menurut Rektor UNINDRA Prof. DR. H. Sumaryoto, dalam olah sabet atau perang, Prama bukan hanya piawai memainkan dua wayang.

” Namun tiga, empat bahkan lima wayang sekaligus dalam satu frame yang secara bersamaan saling jungkir balik atau koprol,” kata Sumaryoto.

Tak heran jika membuat penonton menjadi terbengong dan tepuk gemuruh dan Prama mendapat predikat sebagai dalang milenial si Raja Koprol.

Keliling dunia.

Sekedar catatan kecil saja, Prama Reza Fadliansyah yang hoby olaraga volly ini adalah sosok pemuda yang sangat membanggakan. Ia lahir dan dibesarkan di Jakarta ini ternyata mau dan mampu menggeluti seni tradisional yang bukan hanya harus belajar dunia pewayangan yang menyangkut, karakter masing masing tokoh wayang, namun juga sastra dan Seni Karawitan sebagai ilustraai musik pengiring.

Saking totalitas nya dalam menggeluti budaya adiluhung yang diakui dunia itu tak heran ia  amanah sebagai Duta Budaya Internasional. Ia pernah pentas di sejumlah negara antara lain Uni Sovyet, Hindia, hingga Korea Selatan.

Dalam rangka ujudkan program Unindra PGRI Jakarta di bidang Pengabdian Kepada Masyarakat yang bekerjasama dengan TVRI Pusat, Prama tampil di stasiun TVRI di berbagai propinsi di tanah air.

Antara lain TVRI Jogjakarta, Lampung, Banjarmasin, Surabaya. dan ke depan akan pentas di TVRI Semarang, Palangkaraya dan mendapat undangan Kedutaan RI untuk pentas di Malaysia. ** (Inge/Rahma/Bram),-