10 Ciri-ciri Penyakit Ginjal Stadium Akhir yang Pantang Disepelekan

Jam : 16:26 | oleh -130 Dilihat
Ilustrasi Penyakit Ginjal
Ilustrasi Penyakit Ginjal

Jakarta, ToeNTAS.com,- Penyakit ginjal stadium akhir adalah kondisi ketika ginjal sudah tidak dapat berfungsi. Masalah kesehatan yang dikenal dengan gagal ginjal ini adalah stadium atau tahap kelima dari penyakit ginjal kronis. Dilansir dari VerywellHealth, fungsi ginjal utamanya untuk membuang limbah dan kelebihan cairan dari tubuh.

Selain itu, organ vital ini juga membantu memproduksi sel darah merah dan mengendalikan tekanan darah Untuk meningkatkan kewaspadaan pada masalah kesehatan ini, kenali ciri-ciri penyakit ginjal stadium akhir berikut penyebabnya.

Ciri-ciri penyakit ginjal stadium akhir

Ketika ginjal sudah tidak berfungsi, penderita biasanya merasakan beberapa tanda penyakit ginjal stadium akhir. Dilansir dari Cleveland Clinic, berikut beberapa di antaranya:

  1. Gatal-gatal di sekujur tubuh
  2. Tidak nafsu makan atau nafsu makan menurun drastis
  3. Ada rasa logam atau besi di mulut
  4. Sering kram otot atau otot kedutan
  5. Mual dan muntah
  6. Kebingungan
  7. Sesak napas atau napas terasa berat
  8. Kaki, terutama di bagian pergelangan kaki bengkak
  9. Urine yang keluar sangat sedikit atau sangat banyak
  10. Susah tidur

Jika Anda mendapati ciri-ciri penyakit ginjal stadium akhir di atas, segera bawa penderita ke dokter atau rumah sakit terdekat. Dokter dapat mendeteksi masalah kesehatan ini dengan melakukan pemeriksaan fisik dan melihat hasil tes darah lengkap penderita. Apabila tidak segera ditangani, penyakit ini bisa menimbulkan komplikasi yang berdampak fatal, mulai dari anemia berat, penumpukan cairan di paru-paru dan jantung, kerusakan saraf, kerusakan otak, sampai stroke.