Bertemu Surya Paloh, AHY Nyatakan Siap Jadi Cawapres Anies

Jam : 23:17 | oleh -269 Dilihat
AHY dan Surya Paloh Akan Bertemu Bahas Koalisi Parpol
AHY dan Surya Paloh Akan Bertemu Bahas Koalisi Parpol

JAKARTA, ToeNTAS.com – Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyatakan siap menjadi calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampingi Anies Baswedan.

“Ya, kami pribadi terus mempersiapkan diri, apa pun tugas ya harus kami jalankan pada saatnya. Apa pun itu, di mana pun itu harus siap,” ujar AHY saat ditemui di Wisma Nusantara, Gondangdia, Jakarta Pusat, Rabu (26/10/2022). Pernyataan itu disampaikan setelah AHY bertemu Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh untuk makan siang bersama.

Namun, saat ini yang menjadi prioritas adalah pembentukan koalisi antara Partai Demokrat, Partai Nasdem, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Ia mengeklaim, ketiga partai politik (parpol) tak ingin terburu-buru untuk mengumumkan pendeklarasian capres-cawapres. “Karena yang lebih baik adalah (koalisi) benar-benar solid, dan benar-benar setelah itu hanya ada maju ke depan, dan berlari. Bukan berhenti atau mundur ke belakang,” ungkapnya. AHY mengaku tak mau mendesak mitra koalisi untuk memilihnya sebagai cawapres. Ia hanya mengupayakan yang terbaik dan selalu siap jika akhirnya dipilih untuk mendampingi Anies berkontestasi pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Saya hanya ingin berprasangka baik terhadap apa yang terus kita ikhtiarkan. Sambil terus mempersiapkan diri dan semua itu kan takdir,” sebut dia. “Yang jelas kita sepakat di sini untuk Indonesia yang lebih baik, lebih sejahtera masyarakatnya, kita harus kompak dulu, harus solid,” tandasnya. Diketahui bahwa salah satu yang tengah dibahas oleh ketiga parpol dalam pembentukan koalisi adalah penentuan figur cawapres untuk menemani Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) yang diusung Partai Nasdem.(kompas.c/wara).