Kapolres Tegal Kota Beri Izin Acara “Semarak Malam Tahun Baru 2023” dan Maulid Akbar di Masjid Agung Secara Bersamaan

Jam : 18:01 | oleh -106 Dilihat
Kapolres Kota Tegal AKBP Rahmat Hidayat, S.S.,
Kapolres Kota Tegal AKBP Rahmat Hidayat, S.S.,

Tegal, toentas.com.,- Acara yang satu bertajuk “Semarak Malam Tahun Baru 2023” yang diselenggarakan oleh Pemkot Tegal di Jalan Pancasila. Acara ini berupa dangdutan plus konser Denny Caknan dan pesta kembang api. Konon, pesta kembang apinya bakal megah karena disponsori oleh perusahaan rokok besar. Siswa sekolah diminta ikut sayembara bikin videonya.

Acara lainnya adalah Peringatan Maulid Akbar di Masjid Agung, diadakan oleh pengurus Masjid Agung. Tujuannya sama, menyambut Tahun Baru 2023. Hanya caranya yang berbeda. Masjid Agung menyambut tahun baru dengan dzikir dan doa (istighotsah) dan introspeksi (muhasabah), sesuai ajaran dan akhlak Islam.

Lokasi acara itu berhadap-hadapan dalam jarak hanya sekitar 400 meter. Karena misi dan konten acaranya yang kontras, dua kegiatan itu oleh orang Tegal diibaratkan seperti “neraka” dan “surga”. Oleh kawan tadi dianalogikan dengan “Iblis” dan “malaikat” yang beradu kesaktian.

Pernyataan keberatan muncul dari Forum Silaturahmi Majelis Taklim Se-Kota dan Kabupaten Tegal dalam bentuk surat terbuka yang ditujukan kepada Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono. Surat bertanggal 19 Desember 2022 (25 Jumadil Awwal 1444 H) itu ditandatangani oleh Ketua H. Sholeh Basuki dan Sekretaris Subhi.

Surat juga diketahui dan ditandatangani oleh Perwakilan Majelis Taklim Se-Kota dan Kabupaten Tegal, yakni Dr. K.H. Muhammad Sulton Barmawi, M.Pd. dan Al-Habib Muhammad bin Musthofa Al-Attas, S.Pd.I. Tembusan surat ini ditujukan kepada Ketua DPRD Kota Tegal, Kapolres Tegal Kota, dan Kepala Kemenag Kota Tegal.

Berkaitan dengan benang merah ini, Kapolres Kota Tegal AKBP Rahmat Hidayat, S.S., mengatakan bahwa dirinya telah memberikan izin untuk acara Maulid Akbar di Masjid Agung dan acara “Semarak Malam Tahun Baru 2023” secara bersamaan.

Kepada wartawan ToeNTAS.com yang ngepos di Mapolda Metro Jaya, Rahmat menuturkan, silahkan masyarakat mau mengikuti acara yang mana.

“Tergantung selera masyarakat ya, mereka mau mengikuti acara Maulid Akbar di Masjid Agung silahkan. Atau mau mengikuti acara dangdutan juga silahkan,” tegasnya.

Lebih lanjut Kapolres Tegal Kota AKBP Rahmat Hidayat mengungkapkan, untuk mengamankan kedua acara ini tidak hanya personel dari Polres Tegal saja.

Akan tetapi, masih kata, Kapolres Kota Tegal Rahmat Hidayat, satpol PP dan dishub serta TNI jug ikut membantu mengamankan.

Rahmat Hidayat pun berharap agar kedua acara ini berjalan lancar dan tertib serta tidak ada kendala.

“Jikalau ada oknum-oknum yang berbuat anarkis, maka akan kami amankan,” tukasnya. **(Inge Thirta),-