Pray for Turki: Gempa 6 Februari 2023 Tewaskan 600 Orang, Israel Siap Bantu

Jam : 21:13 | oleh -205 Dilihat
Sejumlah Bangunan di Turki Pasca Diguncang Gempa Magnitudo 7,4
Sejumlah Bangunan di Turki Pasca Diguncang Gempa Magnitudo 7,4

Turki, ToeNTAS.COM, Kabar duka masih terus datang dari Turki. Gempa dahsyat mengguncang daerah selatan negara tersebut pada Senin pagi 6 Februari 2023. Otoritas di Turki menyebut gempa terjadi sekitar pukul 04.00 pagi. 

Berdasarkan laporan USGS, pusat gempa berada di sebelah barat kota Gaziantep. Lokasi pusat gempa juga tak jauh dari perbatasan Suriah. 

The Jerusalem Post melaporkan bahwa korban jiwa sudah mencapai 600 orang. Korban berasal dari Turki dan Suriah. 

Getaran akibat gempa berkekuatan magnitudo 7,4 itu juga terasa hingga Jerusalem dan Tel Aviv. Pemerintah Israel disebut telah menyiapkan bantuan untuk pemerintah Turki. 

Akun Twitter resmi pemerintah Israel menyebut pihak Kementerian Luar Negeri Israel sedang menyiapkan bantuan darurat bagi Turki. Sebagai informasi, Israel dan Turki telah menjalin hubungan diplomatik. 

“Atas nama Negara Israel, saya menyampaikan dukacita mendalam kepada rakyat Turki atas gempa bumi di selatan Turki,” ujar Menteri Luar Negeri Eli Cohen via Twitter. Tagar #PrayForTurkey juga trending di Twitter.

Masih ada kemungkinan korban bertambah. Saat ini, regu penolong masih berusaha mencari korban-korban gempa yang tertimbun. Gempa yang berpusat di darat itu memang meruntuhkan banyak bangunan. 

Menteri Kesehatan Turki Fahrettin Koca menyebut tim dari 81 provinsi telah bergerak untuk mencari para korban. Koca berkata melakukan koordinasi dari Provinsi Hatay yang juga berada di selatan dan berdekatan dengan Provinsi Gaziantep dan Kahramanmaraş. Sebelumnya, Koca berkata banyak korban gempa dari Kahramanmaraş. 

Sebelumnya dilaporkan, gempa berkekuatan magnitudo (M) 7,8 mengguncang Turki pada Senin (6/1/2023). Banyak korban dikhawatirkan akan muncul akibat lindu tersebut.

“Telah terjadi gempa bumi M 7,4 (sebelumnya versi USGS disebut 7,8) di selatan Turki (Provinsi Kahramanmaras, Gaziantep, Osmaniye) pada pukul 04.17 waktu setempat (08.17 WIB). Pusat gempa di Provinsi Kahramanmaras (+/- 600 km sebelah tenggara Ankara). Disusul 2 gempa lanjutan M 6,4 dan M 6,5 di Provinsi Gaziantep (+/- 700 km sebelah tenggara Ankara),” ujar KBRI Ankara menjelaskan perihal gempa tersebut melalui pernyataan tertulis.

“Sampai saat ini dilaporkan 51 korban jiwa, ratusan terluka, dan sejumlah bangunan yang runtuh dan rusak berat, akibat ketiga gempa,” ungkap pihak KBRI Ankara.

Sejauh ini KBRI Ankara telah berkoordinasi dengan otoritas lokal di daerah tersebut, Satgas Perlindungan WNI dan PPI di sekitar lokasi.

“Sejauh ini tidak ada WNI yang menjadi korban meninggal dunia,” tutur pihak KBRI Ankara.

Kendati demikian, sejumlah WNI di Kahramanmaras harus meninggalkan apartemen karena mengalami kerusakan bangunan parah akibat gempa Turki tersebut. “KBRI Ankara sedang mengupayakan rumah penampungan sementara sambil menunggu penanganan dari otoritas setempat.”

“Tiga orang WNI mengalami luka, 1 orang di Kahramanmaras dan 2 orang Hatay, dan saat ini sudah dirujuk ke rumah sakit terdekat.” (liput6.c/wara)