5 Fakta Bus Kecelakaan Bikin Separator Flyover Pesing Berantakan

Jam : 07:57 | oleh -198 Dilihat
flyover jalan pecah di flyover Pesing.
flyover jalan pecah di flyover Pesing.

Jakarta, ToeNTAS.com,- Separator di flyover Pesing, Jakarta Barat, pecah hingga berantakan di jalanan. Serpihan separator membuat flyover Pesing tidak bisa dilalui kendaraan.

Polisi sempat menutup sementara flyover Pesing dan mengalihkan lalu lintas ke jalur bawah, pada Senin (27/3) pagi. Hal ini menimbulkan kemacetan lalu lintas.

Belakangan diketahui separator tersebut pecah karena ditabrak bus Mercy Blue Line. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

“07.46 Imbas adanya Separator Pembatas Jalan yang berhamburan yang dapat mengakibatkan kecelakaan lalu lintas di Layang Pesing Jakbar, untuk sementara arus lalu lintas menuju arah Grogol dialihkan melalui Jalur Bawah,” tulis TMC Polda Metro Jaya, Senin (27/3).

Berikut fakta-fakta kecelakaan bus di flyover yang bikin separator jalan hancur berantakan, dirangkum wartawan, Selasa (28/3).

Kronologi Bus Tabrak Separator
Pihak kepolisian melakukan penyisiran CCTV di lokasi guna mencari tahu penyebab separator pecah berhamburan. Dari hasil penyelidikan terungkap, ternyata separator tersebut pecah setelah ditabrak bus Mercy Blue Line bernopol B-7292-NGA.

“(Ditabrak) bus,” ujar Kasat Lantas Wilayah Jakarta Barat Kompol Maulana Jali Karepesina dalam keterangan kepada wartawan, Senin (27/3/2023).

Maulana menjelaskan, kecelakaan tersebut terjadi sekitar pukul 03.00 WIB dini hari. Awalnya, bus Mercy dikemudikan Koncencen melaju dari arah timur Jalan Daan Mogot.

Penyabab Bus Kecelakaan
Maulana mengungkap penyebab kecelakaan karena pengemudi bus out of control. Pengemudi bus hilang kendali lantaran motor di depannya ngerem mendadak.

“Pada saat kendaraan bus Mercy Blue Line B-7292-NGA yang dikemudikan Saudata Koncencen melaju dari arah timur menuju arah barat wilayah Cengkareng, tepatnya di flyover Pesing tidak bisa mengendalikan kendaraannya saat ada sepeda motor yang melaju searah di depannya mengerem mendadak,” jelas Maulana.

Bus kemudian membanting setir ke kanan menghindari lubang. Selanjutnya, bus tersebut menabrak separator jalan.

“Karena menghindari lubang sehingga bus membanting setir ke kanan selanjutnya menabrak separator busway serta pagar flyover arah barat,” imbuhnya.

Tidak ada korban jiwa ataupun korban luka akibat kejadian ini. Sementara akibat kejadian tersebut, bumper depan dan bodi depan bus mengalami kerusakan.

Simak juga ‘Detik-detik Remaja Semarang Ngebut Bawa Motor-Tabrak Vito Hingga Tewas’:

Polisi-Dishub Bersihkan Pecahan Separator
Petugas Satlantas Jakarta Barat dan Dinas Perhubungan dengan sigap membersihkan separator jalan pada Senin (27/3) pagi. Petugas bersama-sama menyapu material pecahan separator yang berhamburan di lokasi.

“7.48 #Polri Satlantas Jakbar bersama Dinas terkait melaksanakan Proses Penanganan, dan Pembersihan Separator Pembatas Jalan yang berhamburan yang dapat mengakibatkan kecelakaan lalu lintas di Layang Pesing Jl. Daan Mogot Jakbar,” tulis TMC Polda Metro di postingan selanjutnya.

Dihubungi terpisah, Kasat Lantas Wilayah Jakarta Barat Kompol Maulana Karepesina mengatakan jalur flyover Pesing telah dibuka kembali sekitar pukul 08.00 WIB.

“Sudah selesai, sudah dibuka kembali,” kata Maulana.

Lalu Lintas Sempat Ditutup
Pihak kepolisian sempat menutup lalu lintas di flyover Pesing, Jakarta Barat. Kendaraan dialihkan ke jalur bawah.

Hal ini sempat menimbulkan kemacetan panjang di lokasi. Lalu lintas kembali dibuka sekitar pukul 08.45 WIB.

Kondisi Separator Usai Ditabrak
Pantauan detikcom di flyover Pesing, Jakarta Barat, pada Senin (27/3/2023) pukul 10.50 WIB, terlihat jalan flyover sudah bisa dilalui kendaraan roda dua dan roda empat. Jalanan tersebut juga sudah bersih dari pecahan dan debu separator.

Beberapa pecahan separator masih terlihat di lokasi, tapi sudah disusun rapi sebagai pembatas jalan. Di lokasi tersebut juga terlihat garis yang menandakan bekas terjadinya pecahan separator tersebut.

Terpantau lalu lintas di Pesing arah Kota masih ramai cenderung padat. Namun arah sebaliknya, dari Daan Mogot menuju Kalideres, terpantau ramai lancar. (d.c/Edwin)