Menanti Hasil Ngopi Bareng Jokowi dan Ketum Parpol Koalisi

Jam : 09:40 | oleh -105 Dilihat
ilustrasi Jokowi membuat Kopi
ilustrasi Jokowi membuat Kopi

Jakarta, ToeNTAS.com,- Suasana lebaran menjadi momen bagi para ketum partai politik untuk melakukan penjajakan jelang Pemilu 2024. Bahkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) rencananya bakal mengajak ketum parpol koalisi untuk ‘ngopi bareng’. Bagaimana hasilnya nanti?

Setidaknya sejauh ini sudah ada beberapa ketum parpol koalisi yang telah bersilahturahmi dengan Jokowi.

Prabowo Hingga HT Bertemu Jokowi
Yang pertama adalah Ketum Gerindra Prabowo Subianto. Prabowo adalah satu-satunya tokoh yang bertandang ke rumah pribadi Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Solo pada momen hari pertama Lebaran 2023

Urusan Lebaran di Jakarta tuntas, Prabowo Subianto menuju Solo untuk bertemu dengan Presiden Jokowi.

Prabowo tiba di kediaman Jokowi, Sabtu (22/4) siang ini. Prabowo tiba bersama putranya, Ragowo Hediprasetyo Djojohadikusumo atau Didit Hediprasetyo. Keduanya terlihat kompak mengenakan baju koko berwarna putih.

Momen itu diketahui dari foto yang diunggah Gibran, citra itu menunjukkan Kaesang yang tengah melayani Prabowo dengan menyendokkan nasi ke piring Prabowo.

Setelah bertemu dengan Jokowi, Prabowo didampingi putra sulung Jokowi yang juga Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, bertemu awak media. Prabowo mengatakan pertemuan tersebut merupakan tradisi Lebaran untuk sowan ke pemimpinnya.

“Ya ini sebagaimana biasa tradisi kita, adat kita, kalau Lebaran biasanya anak buah itu sowan atau lebaran kepada pimpinan. Pimpinan saya Beliau, Presiden, panglima tertinggi, saya menteri Beliau, jadi sudah, saya kira berapa kali juga saya kalau Lebaran ke Beliau,” kata Prabowo.

Selanjutnya ada Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo (HT) yang menghadap Presiden Jokowi di Istana Presiden, Jakarta. HT mengaku hanya bersilaturahmi Lebaran dengan Jokowi.

“Pertemuannya terkait silaturahmi, jadi saya menghadap beliau setelah Lebaran. Waktu di Solo kan tidak ada open house, saya hadir silaturahmi,” kata HT kepada wartawan di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (26/4/2023).

HT mengatakan tak ada pembahasan serius dalam pertemuannya dengan Jokowi hari ini. Menurut dia, saat ini masih suasana liburan.

“Ndak, pengen silaturahmi. Suasana masih libur, jadi nggak mau berat-berat,” ujar HT.

HT mengaku dirinya yang meminta waktu kepada Jokowi. Namun, kata dia, tak ada pembahasan bisnis maupun politik dalam pertemuan itu.

“Nggak ada bisnis, nggak ada politik, silaturahmi aja,” ujar HT.

Saat ditanya mengenai sosok capres yang bakal didukung Perindo, HT enggan membahasnya sekarang.

“Nantilah ini kalau masalah pencapresan bicaranya sama temen-temen sekalian,” ujar HT.

Zulhas Bicara soal Ajakan Ngopi Bareng Jokowi
Kemudian ada Ketua Umum PAN, Zulkifili Hasan (Zulhas). Dia juga bertemu dengan Jokowi.

Zulhas menyampaikan perihal ajakan silaturahmi Presiden Jokowi kepada para ketua umum partai politik (parpol) koalisi besar. Waktu pertemuan masih dibahas.

“‘Pak gimana, Pak, perkembangan politik sekarang?’. Selain Mendag kan saya juga ketua umum PAN. ‘Nanti aja kita akan kumpul’. Mudah-mudahan nanti cari waktu yang tepat, Bapak akan mengundang ketua-ketua umum partai untuk silaturahim,” kata Zulhas kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (26/4/2023).

“Iya lah, koalisi,” sambung Zulhas saat ditanya apakah koalisi dimaksud adalah koalisi besar.

Zulhas juga mengabarkan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bakal menggelar pertemuan pada Kamis (27/4) besok. Pertemuan digelar di kediaman Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

“Besok malam kami ketemuan. Besok malam sama Pak Airlangga pertemuan. Pak Airlangga dan Pak Mardiono tanggal 27 ya,” ujar Zulhas.

Setelah pertemuan KIB itu, barulah para ketum parpol bertemu dengan Jokowi. Zulhas mengatakan Jokowi ingin mengajak para ketum parpol koalisi untuk ngopi bareng.

“Ya ini kan ketemuan. Besok KIB. Abis itu tadi Bapak juga mengundang ketum partai untuk ngopi bareng,” ujar Zulhas.

Dalam pertemuannya dengan Jokowi hari ini, Zulhas menyampaikan secara langsung ucapan selamat Lebaran. Pertemuan itu berlangsung setelah Jokowi menerima Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo.

“Hari ini saya dapat kabar Bapak ada di Jakarta. Saya pertama silaturahim menyampaikan minal aidin wal faizin mohon maaf lahir batin Lebaran,” kata Zulhas.

Zulhas juga melaporkan mengenai harga-harga pangan di momen libur lebaran. Zulhas mengatakan semua harga relatif terkendali.

“Alhamdulillah di bawah arahan Bapak Presiden, lebaran ini harga-harga terkendali. Bahan pokok tersedia harga terkendali bahkan sampai hari ini ndak ada masalah apa-apa. Terjaga. Saya sampaikan tadi Pak mengenai sembako aman sampai H+4 ini aman,” ujar Zulhas. (d.c/Edo)