Ini Penyebab Tabung Setrika Uap Meledak di Apartemen Kalibata City

Jam : 16:05 | oleh -158 Dilihat
Ini Penyebab Tabung Setrika Uap Meledak di Apartemen Kalibata City
Ini Penyebab Tabung Setrika Uap Meledak di Apartemen Kalibata City

Jakarta, ToeNTAS.com,- Tabung setrika uap milik salah satu pengusaha laundry di Apartemen Kalibata City, Pancoran, Jakarta Selatan, meledak. Pengelola apartemen mengatakan insiden tersebut terjadi karena faktor human error.

Building Supervisor Apartemen Kalibata City, Aye, mengatakan kerusakan pada tabung setrika uap itu terjadi karena adanya kelalaian kerja. Ia menduga alat tersebut tak dirawat secara berkala sehingga menyebabkan kerusakan.

“Human error-nya si pekerja. Yang terjadi itu bukan gas-nya yang bersama lah, tapi alatnya dia nggak ada di-treatment gitu,” kata Aye saat ditemui di Tower Damar, Apartemen Kalibata City, Jakarta Selatan, Rabu (21/6/2023).

Aye menuturkan, pada saat kejadian, terdapat dua pekerja di kios laundry tersebut. Dia memastikan tak ada korban luka ataupun jiwa akibat peristiwa tersebut.

Lebih lanjut, Aye mengatakan usaha laundry itu baru satu bulan menempati kios di kawasan apartemen itu. Pihak pengelola, menurut Aye, pun telah memberi tahu terkait tata tertib dan aturan bagi tiap penyewa.

“Di sini ada 18 (kios) laundry. Pengusaha laundry (yang tabung setrika uapnya meledak) Juni 2023 baru masuk,” jelasnya.

“Saya kasih tata tertib untuk kiosnya, kami ada aturannya. Ada pengecekan gas juga setiap sebulan dua kali,” tambah Aye.

Adapun peristiwa tersebut, kata Aye, menyebabkan kaca belakang sebuah mobil yang terparkir di depan kios tersebut pecah. Selain itu, plafon teras kios terdampak ledakan.

Kendati begitu, Aye mengatakan pemilik laundry telah menyatakan bertanggung jawab atas kejadian tersebut.

“Pemilik laundry menyatakan siap bertanggung jawab. Pekerjanya tadi sudah kita bawa ke pos, pemiliknya nanti sore datang,” ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, seorang warga, Rendi (23), mengaku melihat langsung peristiwa meledaknya tabung setrika uap. Saat itu dia sedang berada tepat di sebelah kios laundry tersebut.

“Kaget banget kita, langsung keluar (waktu dengar ledakan),” ujar Rendi saat ditemui.

Menurutnya, ledakan terjadi akibat tabung setrika uap yang terlalu panas sehingga tak mampu menahan tekanan uap saat digunakan.

“Tadi pada lagi kumpul di sini, nggak tau kenapa itu blower (laundry) mungkin kepanasan, tiba-tiba membeludak,” kata Rendi. (d.c/Indah)