Sopir Truk Ngaku Terjebak Macet hingga 7 Jam Akibat Jembatan Marunda Amblas

Jam : 13:38 | oleh -185 Dilihat
ilustrasi lalu lintas
ilustrasi lalu lintas

Jakarta, ToeNTAS.com,- Lalu lintas di Jalan Akses Marunda, Jakarta Utara, sempat macet parah akibat aspal di jembatan layang amblas. Sopir truk mengaku terjebak macet hingga 7 jam.

“Wah sempat tuh parah banget kemarin itu. Saya kemarin itu hampir 6 jam kemacetan hanya dari keluar kawasan menuju ke arah Tanjung Priok itu 7 jam macetnya. Semenjak gara-gara ini amblasnya. Kurang lebih pas amblasnya itu di Sabtu malam Minggu,” kata Bagus Santoso (36) ditemui di lokasi, Rabu (21/6/2023).

Bagus melanjutkan, waktu tempuh biasanya hanya memakan 30 menit. Namun, sebutnya, saat aspal di jembatan itu amblas, lalu lintas macet total hingga membuat molor waktu tempuh perjalannya.

“Kalau lancar paling ya nggak sampai setengah jam. Kemarin jadi 7 jam (saat aspal amblas),” imbuhnya.

Dia mengeluhkan kemacetan itu mengganggu jadwal logistik ke pabrik.

“Harusnya sudah sampai pabrik, sampai kembali ke rumah. Itu 7 jam di perjalanan doang dari jam 1 siang sampai 9 malam. Semenjak ini (dampaknya) ke mana-mana jadi menghambat pekerjaan, ke semuanyalah. Jadi nggak sesuai jam,” katanya.

Bagus mengatakan konstruksi jalan di sekitar jembatan sempat rusak beberapa kali. Dia berharap perbaikan jembatan di Jalan Akses Marunda segera rampung agar tak mengganggu para sopir yang sering melintas dan warga sekitar.

“Karena jembatan ini juga rusak udah sering karena dilewatin kendaraan berat. Harapannya sih segera dipercepat perbaikannya supaya nggak ganggu sopir dan warga lain juga. Apalagi malam rawan seperti ‘asmoro-asmoro’ itu ibarat tukang parkir begal, maling-maling, rawan terjadi itu. Kasihan ngelihat sopir-sopir trailer sama warga yang lain juga kan kalau macet gini,” ujarnya.

Warga lokal, Dhio (29), mengeluhkan hal serupa. Pemotor ini mengaku harus menyelip di antara kendaraan-kendaraan berat saat macet total itu terjadi.

“Iya saya beberapa kali lewat sini. Memang warga sini. Kemarin kan macetnya total gitu, kendaraan berat-berat, otomatis motor-motor juga terdampak. Kemarin kita nyelip-nyelip tuh,” katanya di sekitar lokasi.

Dhio mengatakan aspal di jembatan sudah sering rusak. Dia berharap aspal tersebut segera diperbaiki total.

“Ini kan sering ya jembatan-jembatan gini kan beberapa kali. Maunya dibenerin sekalian bagus gitu ya,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, jalan di Jembatan Marunda, Jakarta Utara, rusak parah. Akibatnya, kemacetan tidak terhindarkan.

“Kami sampaikan bahwa saat ini jembatan Marunda dari arah Bekasi menuju Cilincing itu mengalami kerusakan jebol,” ujar Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Utara, Kompol Edi Purwanto, ketika dihubungi, Selasa (20/6).

Hal itu menyebabkan jembatan tidak bisa dilalui. Sejumlah pengendara mencari jalan alternatif, bahkan ada yang rela melintas di bawah truk kontainer.

Kini jembatan amblas tengah diperbaiki. Lalu lintas di sekitar dialihkan. (d.c/Yuli)